Terima 148 Tahanan Baru, Rutan 1 Medan Disiplin Terapkan Prokes

/ Minggu, 01 Agustus 2021 / 00.14.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Rumah Tahanan Negara Klas 1 Medan, Jumat (30/7/2021) menerima 148 Tahanan baru dari Polda Sumut, Polrestabes Medan dan Polsek jajaran. 

Guna mengantisipasi penyebaran virus Civid 19 dengan berbagai variannya, petuas Rutan Klas I Medan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

Dijelaskan Kepala Rutan Klas I Medan Theo Adrianus, penerapan prokes  pencegahan Covid 19 dimulai dengan memeriksa suhu badan ke 148 Tahanan baru yang diterima  dengan suhu di bawah 36,5 derajat. 

“Setelah mengecek suhu di bawah 36,5 derajat kemudian mencuci tangan memasuki bilik sterilisasi dan dilakukan penyemprotan desinfektan pada barang bawaan tahanan baru,” kata Theo Adrianus melalui pesan Whats App jurubicara Rutan Klas I Medan Andi Leo Simbolon. 

Dijelaskannya lagi, Tahanan baru yang akan memasuki rutan juga akan dilakukan swab antigen terlebih dahulu dengan hasil negatif dan ditemukan 2 Tahanan yang positive dalam hasil testnya.

“Dari 150 Tahanan baru yang datang ke Rutan Klas I Medan hari ini, 2 diantaranya menunjukkan hasil terindikasi covid 19 sehingga Rutan mengembalikam tahanan tersebut kepada pihak kepolisian,” katanya.

Theo Adrianus menghimbau, kepada seluruh Tahanan baru untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan daya imun tubuh dengan rajin berjemur dan tidak bermalas-malasan. 

"Disini ada Masjid, Kuil, Gereja dan Vihara, silahkan Bapak-bapak semuanya menyibukkan diri dalam menjalankan kepercayaan Agama masing-masing dan beraktifitas, lapangan olahraga juga ada, biar sehat, jangan berdiam diri di kamar," ajak Theo Adrianus. 

Sebelum berbaur dengan Tahanan lain, lanjut Theo, nantinya ke 148 Tahanan ini juga akan melakukan Isolasi Mandiri terlebih dahulu selama 14 hari di Blok Isolasi Rutan Klas I Medan yang telah disediakan. 

“Isolasi Mandiri ini guna bahan observasi bahwa para Tahanan baru ini bebas dari Covid 19 dan mempertahankan Rutan 1 Medan yang masih zero penularan Covid 19,” pungkasnya. (PS/RYANT)

Komentar Anda

Terkini: