Yonif 126/KC Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Sebagai Program Unggulan Satgas Pamtas RI-PNG

/ Rabu, 04 Agustus 2021 / 18.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - ASAHAN - Kesiapan dalam menjalankan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, prajurit Yonif 126/KC terus mengikuti setiap pelatihan yang menjadi program unggulan yang akan dilaksanakan saat di medan tugas.

Dalam kegiatan tersebut, prajurit Yonif 126/KC mengikuti pelatihan budidaya ikan yang merupakan salah satu program unggulan Satgas Pamtas RI-PNG, yang digelar di Pulo Mandi Kabupaten Asahan, Rabu (4/8/2021).

Danyonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. selaku Dansatgas Pamtas RI-PNG mengatakan bahwa prajurit Yonif 126/KC terus melakukan pelatihan program unggulan yang akan dilaksanakan saat bertugas.

"Prajurit Yonif 126/KC mempersiapkan program unggulan yang salah satunya adalah membudidayakan ikan. Budidaya ternak ikan tersebut yang akan diaplikasikan kepada masyarakat di sekitar perbatasan yang ada di tanah Papua," ucapnya.

Letkol Inf Dwi Widodo menyampaikan saat ini TNI beserta komponen bangsa lainnya berusaha mengatasi kesulitan rakyat pada masa pandemi Covid-19 ini, dimana banyak kondisi ekonomi masyarakat menurun karena kehilangan sumber mata pencaharian. 

“TNI saat ini sedang gencar-gencarnya menyikapi dampak dari pandemi Covid-19 terhadap masyarakat. Melalui pelatihan budidaya ikan kepada masyarakat, diharapkan mampu menghasilkan stok pangan bagi masyarakat Papua nantinya," ujar Danyonif.

Ia menugaskan kepada seluruh Komadan Pos (Danpos) Satgas agar menghimbau dan mengajak masyarakat di sekitar Pos untuk membangun kolam dari terpal anti air di lahan kosong sekitar pemukiman mereka dan kemudian memberikan pelatihan kepada masyarakat bagaimana  caranya budidaya ikan yang baik agar mendapatkan hasil yang optimal. 

"Selain bernilai ekonomis, ikan memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber nutrisi bagi manusia yang mengkonsumsinya karena mengandung nutrisi tinggi diantaranya asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting," pungkas Danyonif. (PS/Messo Gulo/Red).

Komentar Anda

Terkini: