Aklamasi Riza Usty Siregar Pimpin DPD KNPI Medan, Begini Rangkaiannya

/ Senin, 13 September 2021 / 23.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Mengupas proses aklamasi nya Riza Usty Siregar menjadi Ketua DPD KNPI Kota Medan 2021-2024 memang asyik dibicarakan, berikut rangkaiannya. 

Kader Pemuda Pancasila ini mampu menyedot perhatian PK KNPI se Kota Medan, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kepemudaan Islam (OKI) di Kota Medan pada Musda ke-14 Pemuda/KNPI Medan, Sabtu (11/9/2021) di Convetion Hall Le Polonia Jalan Sudirman Medan. 

Prosesi terpilih aklamasinya Riza Usty Siregar memang telah diprediksi sejak jauh hari sebelum Musda karena derasnya dukungan PK KNPI, OKP dan OKI di Kota Medan pada Pemuda yang juga Owner DR Group ini. 

Ditambah kiprah Ketua Umum Aku Anak Medan (AAM) ini mampu menghantarkan Musda ke 14 Pemuda/KNPI Medan dalam 2 bulan Riza Usty Siregar menjadi Careteker DPD KNPI Kota Medan bersama Sekretarisnya Syaiful Amri Sambas yang diangkat sesuai Keputusan DPD KNPI Sumut. 

Selanjutnya Careteker menyelenggarakan Musda ke 14 Pemuda/KNPI Medan sesuai Keputusan No. 01/A.1/KPTS/KNPI-MEDAN/VIII/2021 Tentang Pengesahan Panitia Pelaksana Musywarah Daerah XIV Pemuda/KNPI Kota Medan Tahun 2021. 

Dalam pelaksanaan Musda ke-14 Pemuda/KNPI Medan Sabtu, 11 September 2021 dihadiri kourum pemilik suara terdiri dari PK KNPI, OKP dan OKI di Kota Medan dengan jadwal padat mulai pembukaan dan 4 sidang pleno dengan puluhan agenda. 

Dalam sejak Sidang Pleno ke-I hingga ke Sidang Pleno ke-IV yang rinciannya, Sidang Pleno I diisi Pembahasan dan Pengesahan : 1. Jadwal Acara, 2. Tata Tertib, 3. Pemilihan Pimpinan Sidang, 4. Penyerahan Palu Sidang Sementara kepada Pimpinan Sidang Terpilih tersebut berjalan lancar dengan suara bulat dari peserta dan pengetukan palu tanda pengesahan oleh Pimpinan Sidang Sementara. 

Demikian juga dalam Sidang Pleno ke-II yang beragendakan, 1. Pembentukan Komisi-komisi,  2. Pelaksaan Sidang Komisi dan 3. Pengesahan Hasil Sidang Komisi-komisi berjalan lancar dipandu Pimpinan Sidang Terpilih Budi Nasution SH dan 4 anggota Pimpinan Sidang dengan ditandai suara bulat peserta Musda dan ketok palu Pimpinan Sidang. 

Dalam pembacaan Hasil Sidang Komisi-komisi menjelang pengesahan hasil sidang komisi, salah satu peserta mempertanyakan tentang agenda Rapat Pimpinan Purna Daerah (Rapimpurda) yang tak dilaksanakan, Pimpinan Sidang Terpilih Budi Nasution memaparkan, kepengurusan DPD KNPI Medan saat ini dalam kondisi di Careteker kan karena Ketua DPD KNPI Medan sebelumnya kini terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Sumatera Utara. 

“Kepada peserta disampaikan, Rapimpurda KNPI Medan tak dilaksanakan karena kepengerusannya Careteker dan bertugas secara pokoknya mempercepat dan menyelenggarakan Musda Pemuda/KNPI Medan,” kata Budi Nasution SH yang dilanjutkan dengan persetujuan seluruh peserta Musda melanjutkan agenda. 

Di Sidang Pleno III yang beragendakan : 1. Penjaringan Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024, 2. Pengesahan Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024, 3. Pemilihan Bakal Calon menjadi Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024, 4. Penyampaian Visi Misi Calon Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024, 5. Tanya Jawab Peserta dengan Calon Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024 dan 6. Pemilihan Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024, berlangsung secara lancar dengan keputusan bulat peserta dan ketok palu Pimpinan Sidang Terpilih. 

Hingga puncaknya, Riza Usty Siregar secara aklamasi terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kota Medan periode 2021-2024 karena menjadi pendaftar Bakal Calon Ketua tunggal. Hingga dilanjutkan Sidang Pleno IV pembentukan Tim Formatur terdiri dari 7 orang utusan hingga acara ditutup dengan kondisi aman dan kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.           

Menanggapi prosesi Musda ke 14 Pemuda/KNPI Kota Medan yang secara aklamasi terplilh Riza Usty Siregar menjadi Ketua periode 2021-2024, Sekretaris GM KOSGORO Medan Irfandi menyampaikan applus pada para peserta yang merupakan para Pemuda dan Pemudi terbaik di Kota Medan dengan hajatan demokrasi yang aman dan kondusif. 

Mengenai pendapat atas pelaksanaan Rapat Pimpinan Purna Daerah (Rapimpurda) yang disampaikan peserta, dinilainya merupakan ketentuan yang dilakukan jika terjadi kepemimpinan defenitive hingga di akhir jabatan, sedangkan untuk DPD KNPI Kota Medan periode sebelumnya, sang Ketua terpilih dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Sumut hingga jabatan di Kota Medan dipegang Careteker. 

“Pada kepengurusan yang di caretekerkan memang dilanjutkan Musda saja karena tugas careteker bersifat sementara dan paling pokok mengantarkan pesta demokrasi di semua tingkatan,” kata Irfandi yang juga Wakil Ketua KNPI Kota Medan periode sebelumnya ini. (PS/IRFANDI)




 

Komentar Anda

Terkini: