Bupati Tapsel Apresiasi Dewan UKM Sumut

/ Minggu, 05 September 2021 / 18.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSELBupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu mengapresiasi tinggi Dewan Usaha Kecil Menengan (UKM) Sumatera Utara, yang telah menginisiasi pengembangan air terjun Simatutung dan Danau Siais di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur.


Apresiasi itu disampaikan Bupati Tapsel kepada Ketua Dewan UKM Sumut Dewi Budiati TJS dan rombongan, saat ekspos konsultan tentang studi kelayakan pengembangan Danau Siais menjadi objek destinasi wisata di ruang rapat kantornya, Jum’at (3/9).


“Pengembangan Danau Siais memang sudah masuk program Pemkab Tapsel. Tetapi itu akan sulit terwujud tanpa kerjasama dari banyak pihak. Terimakasih kami atas inisiasi dan dukungan Dewan UKM Sumut,” katanya.

Sebagai pembuka, Dolly Pasaribu bercerita tentang perjalanannya mengunjungi sejumlah objek wisata di Indonesia. Ternyata sumber daya alam yang jadi sajian pariwisata tersebut banyak dimiliki Tapsel.

“Tiga tahun lalu, saya keliling Tapsel dan terheran-heran melihat banyaknya potensi yang menyamai bahkan melebihi objek wisata terkenal di berbagai daerah. Namun potensi yang kita miliki itu masih harus dipoles,” sebut Dolly.

Kemudian saat berkeliling Kecamatan Angkola Sangkunur, ia melihat wilayah ini bagaikan daerah terbuang. Banyak tunggul kayu di lahan-lahan sebelah kiri kanan jalan. Danau Siais belum disentuh dan masih sedikit rumah penduduk di sana.

“Saat itu saya sedikit bingung, apa solusi untuk mengembangkan danau ini. Terpikir bikin lomba fotografi agar muncul berbagai estetika yang layak jual dari banyak sudut pandang, atau membuat lomba semacam Tour of Singkarak,” kenangnya.

Setelah awal tahun ini dilantik menjadi Bupati Tapsel, ternyata Dolly Pasaribu punya cita-cita besar terhadap Danau Siais. Namun akibat situasi Pandemi Covid-19 dan kemampuan keuangan daerah, cita-cita itu terkendala anggaran.

Kemudian datang Dewan UKM Sumut dengan terobosannya menginisiasi pengembangan Danau Siais untuk dipoles menjadi objek destinasi wisata. Hal ini langsung bersambut, karena memiliki visi yang sama dengan keinginan Bupati Tapsel




“Alhamdulillah dan terimakasih kami kepada Dewan UKM Sumut. Semoga perjuangan mengembangkan Danau Siais ini mendapat sambutan baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sehingga segera terwujud pembangunannya,” harap Bupati Tapsel.

Ketua Dewan UKM Sumut Dewi Budiati TJS juga berterimakasih atas sambutan Bupati Tapsel dan segenap jajarannya. Program ini murni bertujuan untuk peningkatan usaha UKM lewat sektor pariwisata di Tapsel.

“Saya sudah temui para tokoh Tapsel seperti Chairuman Harahap, Dolly Sinomba Siregar, Herry Lontung Siregar dan Gus Irawan Pasaribu. Saya minta mereka bersatu menggunakan segala potensi yang dimiliki untuk mendukung pak Bupati Tapsel membangun Danau Sias menjadi destinasi objek wisata,” kata Dewi.

Ia berharap, Tapsel yang saat ini dipimpin generasi milenial bisa menciptakan karya-karya monumental yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan perekonomian rakyat. Seperti halnya pengembangan UKM lewat sektor pariwisata di Danau Siais. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: