Pesan Bupati Pada Pejabat Baru, Jabatan Adalah Amanah Dan Laksanakan Tugas Dengan Inovatif

/ Sabtu, 04 September 2021 / 21.32.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, melantik dan mengambil sumpah janji 18 pejabat administrator (Eselon III) dan 12 pejabat pengawas (Eselon IV) di lingkungan Pemkab Tapsel, bertempat di ruang Lobi Kantor Bupati Tapsel, Jumat (3/9).



Pelantikan tersebut berdasarkan SK Bupati Tapsel No. 188.45/548/KPTS/2021, tertanggal 1 September 2021 dan dihadiri Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, kepala bagian serta para pejabat administrator, dan pengawas yang dilantik.


Bupati menyampaikan, bila melihat perjalanan Pemkab Tapsel beberapa tahun ke belakang, terdapat kemajuan dalam beberapa hal. Hal itu dibuktikan dengan pengelolaan keuangan daerah yang mumpuni hingga meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).


"Kemudian mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat enam kali berturut-turut," ucapnya.


Tak hanya itu, ada juga penghargaan dan prestasi kualitatif yaitu, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang cukup signifikan selama lima tahun terakhir dan kini berada di poin 70,12 (kategori tinggi). Dan Pemkab Tapsel masuki peringkat 8 terbaik kenaikan IPM rata-rata selama 5 tahun. 


Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi yang positif tumbuh di angka 0,39 persen di 2020 yang masuk peringkat 8 rata-rata kenaikan perekonomian selama 5 tahun. Tingkat pengangguran juga berada di angka 4,42 persen dan angka itu peringkat pertama terbaik selama 4 tahun. Angka kemiskinan saat ini berada di angka 8,47 persen dan peringkat terbaik 5 terbaik rata-rata selama 5 tahun.


"Serta gini ratio (tingkat ketimpangan pendapatan) saat ini 0,202 (tingkat ketimpangan rendah) dan peringkat 2 terbaik rata-rata penurunannya selama 5 tahun dari 34 pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di Sumut," jelasnya.


Dan, Bupati meyakini semua pencapaian itu bisa terwujud karena tidak terlepas dari team work (kerjasama tim) dan soliditas yang kuat serta kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Bupati menyampaikan capaian masa lalu dengan prestasi-prestasi tersebut, adalah menjadi titik awal dan pedoman bagi segenap OPD ketika Ia melanjutkan amanah sebagai Bupati Tapanuli Selatan.


Semua itu, katanya, harus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa mendatang sebagaimana sasaran serta target yang harus hendak dicapai yang telah dituangkan dalam Perda RPJMD 2021-2026 No.3/2021 tanggal 25 Agustus 2021 lalu. Oleh karena itu, Bupati meminta ke semua pejabat yang dilantik, agar jadikan bahagian konsolidasi organisasi yang akan terus dilakukan dimasa mendatang.


"Saya minta soliditas di antara kita dan kerja keras saudara-saudara yang baru dilantik agar terus dijaga serta ditingkatkan," tambahnya.


Bupati juga menekankan kepada pejabat yang baru dilantik agar jadikan jabatan sebagai amanah bukan hadiah karena nanti akan dipertanggungjawabkan ke masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa. Pejabat yang baru dilantik agar segera beradaptasi dengan tempat tugas yang baru, dan kuasai tupoksi masing-masing.


"Bangun sinergitas dan kerjasama tim saat jalankan tugas. Harus bisa ciptakan inovasi, jangan bekerja hanya bersifat rutinitas saja. Evaluasi terhadap saudara-saudara yang dilantik dan pejabat struktural terus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan sesuai ketentuan," tandas Bupati.


"Perlu Saya ingatkan kembali, Visi dan Misi Dolly-Rasyid dalam membangun Tapanuli Selatan adalah Tapanuli Selatan yang maju berbasis Sumber Daya Manusia Pembangun yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera, serta Sumber Daya Alam yang Produktif dan Lestari. Perlu saudara-saudara terjemahkan bahwa saudara adalah Sumber Daya Manusia Pembangun yang Cerdas yang dimiliki Tapsel," tambahnya.


"Kita mengetahui dalam bekerja selain Kerja Cerdas, juga dituntut Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas. Dan mari kerja cerdas itu kita wujudkan dengan cara yang SMART. Specific bekerja dengan tujuan yang jelas, Measurable bekerja dengan tujuan terukur, Achievable bekerja dengan tujuan yang realistis, Relevant sesuai dengan tujuan pokok dan fungsi masing-masing dan Time Limit bekerja memiliki batas waktu yang jelas. Dengan demikian Visi - Misi Tapsel yang lebih Sehat, Cerdas dan Sejahtera bisa kita wujudkan bersama," tutup Bupati.


Adapun 30 pejabat administrator dan pengawas yang dilantik yaitu, Cos Riady Siregar sebagai Kabag Kesejahteraan Rakyat Setdakab Tapsel. M. Iqbal Hutasuhut sebagai Kabag Ekonomi Setdakab Tapsel. Halimatussa'diyah sebagai Sekcam Angkola Muaratais. Zulkarman sebagai Pj Sekcam Sayurmatinggi.


Rosnanni Pasaribu sebagai Sekcam Marancar. Jasinaloan sebagai Pj Sekcam Muara Batang Toru. Muhammad Arifin sebagai Sekcam Sipirok. Martuani sebagai Pj Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Bappeda. Hendi Febrial sebagai Pj Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD.


Rahmina Agustina sebagai Kabid Pendapatan pada BPKPAD. Nelli Hasibuan sebagai Kabid Akuntansi dan Penyusunan Laporan pada BPKPAD. Asmar sebagai Kabid Konsumsi dan Ketapang pada Dinas Ketapang. Sahrial Fahmi Siregar sebagai Pj. Politik Dalam Negeri Nasional pada Badan Kesbangpol. Porman Harianto P Sitompul sebagai Kabid Kebakaran dan Penyelamatan pada Satpol PP.


Aswid Parmonangan sebagai Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral pada Dinas Perindustrian. Erwin Muhammad Saleh Harahap sebagai Pj Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas PMD. Sedangkan untuk pengawas yaitu Purnama Ria Siregat sebagai Pj Kasubbag Administrasi Pemerintah Desa/Kelurahan pada Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Tapsel. 


Andi Hakim Natali Nasution sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada Inspektorat. Sulhan Harahap sebagai Pj Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan pada Dinas Perkim. Martua Hamonangan sebagai Pj Kasi Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman pada Dinas Perkim. Duma Riani Nasution sebagai Kasi Tenaga Pendidik dan Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan.


Kemudian Akhyar Fauzy Ginting sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Kesehatan. Wirma Yusnita sebagai Kasi SDM Kesehatan pada Dinas Kesehatan. Pasti Sagala sebagai Pj Kasi Perlindungan Masyarakat pada Satpol PP. Widi Astuty sebagai Pj Kasi Mutasi pada BKD. Minhaja Daulay sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Perhubungan. Dan, Ramadan sebagai Pj Kasi Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: