Romy Mariani Berikan Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Bagi Para Ib

/ Rabu, 29 September 2021 / 07.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT -  Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Dairi sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menggelar Sosialisasi Peduli Lawan Kanker Serviks dan Payudara dengan Pencegahan dan Deteksi Dini Iva Test dan Sadanis di UPT. Puskesmas Huta Rakyat pada Selasa (28/9/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dr. Ruspal Simarmata, Ketua Persit KCK Ny. Naomi Adietya Yuni Nortono, Ketua Bhayangkari Kabupaten Dairi, Ny. Astri Wahyudi Rahman, Sekretaris Kecamatan Sidikalang, Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Dairi dan perwakilan dari Organisasi Perempuan Dairi.

Sosialiasasi Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara dengan deteksi dini Iva Test dan Sadanis ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya di laksanakan di desa Sipoltong, kecamatan Siempat Nempu Hulu, yang bertujuan memberikan edukasi guna meminimalisasi dampak dan resiko bahaya kanker bagi warga khususnya kaum Ibu-ibu yang ada di Dairi.

Dalam arahannya, Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menyampaikan kanker serviks ini masih menjadi salah satu penyakit kanker dengan kasus paling besar di Dunia bahkan di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa menurut data yang diperoleh  setiap harinya ada 20-25 wanita Indonesia meninggal dunia, yang diakibatkan oleh penyakit ini.

"Untuk itulah Yayasan Kanker Indonesia, termasuk Cabang Kabupaten Dairi dikukuhkan. Dan ini menjadi fokus kita untuk  memberikan Sosialisasi edukasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepedulian melawan kanker serviks dan payudara." ujar Romy Mariani.

Ia menambahkan dengan melakukan sosialisasi Peduli kanker dengan Pencegahan dan Deteksi dini, juga dilakukan nantinya Sosialisasi dan Edukasi untuk pemeriksaan sendiri.

"Kanker tidak sama dengan kematian, kalau kita mau melakukan deteksi dini, sehingga pencegahannya juga sejak dini, maka peluangnya besar bisa disembuhkan. Kami dari Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi mengajak ibu-ibu sekalian mau di deteksi dulu, dikenali dulu, kemudian akan diedukasi bagaimana cara memeriksa diri masing-masing." imbuh Romy Mariani.

Masih menurut Romy Mariani, pencegahan dini ini bertujuan supaya kanker tersebut belum sampai stadium tinggi."Saya juga terimakasih atas kehadiran para ibu di kegiatan hari ini, sekaligus mengajak ibu-ibu untuk ikut berpartisipasi mengkampanyekan pencegahan dini ini. Ini bukan sesuatu yang tabu, jangan takut untuk memeriksakan diri. Karena dengan kesehatan lingkungan rumah tangga kita sehat. Sekali lagi, selamat melakukan Iva Test, mudah mudahan kita semua sehat." pungkas Romy Mariani.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, Ruspal Simarmata dikesempatan yang sama menambahkan bahwa point utama pencegahan dan penanganan kanker serviks dan payudara ini, ada pada deteksi dini. Dengan deteksi atau dikenali sejak dini, tingkat kesembuhan nya hampir seratus persen. Dengan mengenali kanker sejak dini, maka penanganan medis akan lebih mudah.

"Untuk itu, kami sangat berharap bapak/ibu  bisa menjadi promotor untuk menyampaikan informasi informasi yang ilmiah khusus nya kesadaran akan kepedulian kanker serviks dan payudara kepada masyarakat." jelas Ruspal.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi, Romy Mariani melihat langsung proses pemeriksaan Dini Iva test di ruang pemeriksaan UPT. Puskesmas Huta Rakyat. Tidak lupa dalam kegiatan itu,  Romy Mariani menghimbau masyarakat khusunya peserta yang hadir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga kini.*.(PS/KOTING TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: