SDN 101408 Kota Tua Kecamatan Tantom Angkola Gelar Simulasi ANBK Dini untuk Menguji Keterampilan siswa/i

/ Rabu, 01 September 2021 / 22.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Guna meningkatkan dan menguji keterampilan siswa-siswi, Kepala SDN 101408  Kota Tua bersama guru menggelar simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dini dengan mengedepankan ProKes covid-19.


Kepala SD N 101408 Kota Tua Khoiruddin Nasution, S. Pd, MM mengatakan simulasi  ANBK ini sangat  penting bagi siswa/i kelas V  untuk menggelar simulasi agar siswa terbiasa dengan sistem yang akan digunakan pada saat kegiatan.


Lebih lanjut disampaikan Kepala SD Negeri  101408 Kota Tua Khoiruddin Nasution, S. Pd, MM menyampaikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang mana program tersebut merupakan turunan dari Kemendikbud.

“Dengan diberlakukannya ANBK ini diharapkan dapat meningkatkan mutu satuan pendidikan yang dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar,” ujarnya

Lebih jauh ia mengatakan, Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

“Memang kegiatan ANBK ini merupakan program dari Kemendikbud yang perlu kita dukung mengingat program tersebut dapat meningkatkan kualitas belajar siswa,” paparnya

Dalam simulasi itu pihaknya menerapkan pada siswa siswi kelas V yang di terapkan dengan sistem persif dengan tujuan menjaga agar tidak terjadi kerumunan siswa di tengah pencegahan penularan virus covid-19.

“Untuk ANBK ini kami hanya melatih siswa kelas V saja,” paparnya

Sementara itu Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Tapsel Enrico F. Batubara,M.Pd  ketika diminta pendapatnya menyampaikan terimkasih kepada SD N  101408 Kota Tua 
yang telah melaksanakan simulasi ANBK. Pihaknya berharap agar sekolah lain juga mengadakan simulasi ANBK agar siswa/i lebih terlatih dan terbiasa, " ucap Enrico F. Batubara.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: