Ade Prasetyo "Bang Jona" Pimpin KSJ Medan Dengan Misi Nasionalkan Gerakan Sedekah

/ Kamis, 28 Oktober 2021 / 10.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ade Prasetyo yang akran disapa Bang Jona memimpin Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) Kota Medan. Misi KSJ ini menasionalkan gerakan sedekah di seantero Indonesia.

Pengurus KSJ dan Kartini KSJ Kota Medan dikukuhkan, Rabu (27/10/2021)  ditandai dengan santunan kepada Anak Yatim dan Yatim piatu serta penyaluran paket sembako kepada warga duafa (pra sejahtera) berlangsung khidmat di Ballroom Hotel Madani Medan Jln SM Raja.

Pengukuhan ini dihadiri  Pendiri/Pembina Utama AKBP H Ikhwan Lubis SH MH didampingi DR Henny Ikhwan SPd MPd Pembina Kartini, Saharuddin Ketua Umum dan Lisa Andriani Tanjung Ketua Kartini Pusat,  turut hadir H Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pengurus yang dikukuhkan adalah Ade Prasetyo (Jona) sebagai Ketua, Ibnu Indrawan Lubis S,STP.MAP , Sekretaris, H Ahmad Jamil SE sebagai Bendahara sedangkan kartini KSJ adalah Siti Khadijah Ketua, Meli Asrini SH  sekretaris dan Dra. Sri Kemala Heny Bendahara.

KSJ sesuai dengan dasar hukum nya bergerak untuk menangani kemiskinan  atau kaum duafa, mengacu UU No 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial melalui program pelayanan, pemberdayaan dan rehabilitasi sosial mendukung program Pemerintah, TNI dan Polri secara mandiri maupun bergotong royong

Diungkapkan Saharuddin Ketua Umum KSJ disela sela acara pengukuhan bahwa visi besar KSJ adalah menggulirkan tagline Gerakan Nasional Sedekah Jum'at  untuk wujudkan Gerakan Indonesia Bersedekah

"Visi itu akan dicapai lewat rencana strategis yang terukur dan terstruktur, KSJ akan membangun kolaborasi dengan berbagai organisasi maupun elemen masyarakat luas," tutur aktivis pemerhati kebijakan sosial ini.

Untuk itu KSJ memulainya dengan memperkuat militansi  volunteer (relawan) dan tatakelola organisasi secara internal, "membangun trans (kepercayaan) publik secara profesional.

"Momentum pengukuhan KSJ dan Kartini Kota Medan ini merupakan konsolidasi guna mempercepat visi mulia itu,"tutup Saharuddin.

Program Program yang telah dan akan dilaksanakan adalah Sedekah Produktif melalui Kampung Sedekah, Rehabilitasi Rumah kaum duafa dan Korban  Bencana, Dapur Umum, Santunan Pendidikan, Pelayanan Kesehatan Pengobatan Gratis, Konseling dan Pemberdayaan ekonomi duafa serta anak yatim. 

Sebagai Dewan Pembina  Kehormatan Ksj,  Gubernur Sunut Edy Rahmayadi mengatakan, Komunitas Sedekah Jumat ini lahir dari hati bukan ada kepentingan atau pun politik. "Itu saya tegaskan karena saya juga datang dan bergabung hanya ingin menjadi Relawan bersama KSJ untuk menjalankan niat saya untuk ikut Bersedekah kepada saudara saudara kita yang kurang mampu," kata Mantan Pangkostrad ini. 

Diakuinya, melihat sosok AKBP Ikhwan Lubis Sang Pejuang Dhuafa ini adalah sosok yang amanah yang dapat memperjuangkan masyarakat yang nasibnya kurang beruntung untuk bisa merasakan indahnya berbagi dan kepedulian terhadap sesama .

"Tuhan  sudah mengamanahkan beliau untuk melakukan apa yang sudah dilakukanya dan ini akan bisa membuka mata dunia agar bagi orang orang yang beruntung bisa saling meringankan beban kepada orang yang kurang mampu seperti Anak-anak yatim Piatu juga kaum Dhuafa," katanya.

Semetara Dewan Pendiri dan Pembina KSJ AKBP Ikhwan Lubis SH MH menjelaskan, saat ini KSN sudah mengukuh kan   para Relawan sebanyak 25 Kabupaten Kota di 3 Provinsi dan akan mendirikan KSJ di Jakarta serta 3 Provinsi di Jawa.

"Nantinya kami akan juga melakukanya di Kalimantan Sulawesi dan lainya. Untuk ini semua saya mengharapkan kepada para ketua Relawan yang ada di seluruh Indonesia agar  bisa menjadi amanah memperjuangkan hak orang miskin juga dapat menjadi Gerakan Sosial Nasional yang menjadi Cita cita kita bersama," ungkapnya.

Sementara Ketua KSJ Medan Ade Prasetyo "Bang Jona"  menyatakan tekadnya menjalankan tugas yang menjadi amanah untuk para fakir miskin dan menjaga anak yatim piatu.

"Di Kota Medan ini kami akan melakukan gerakan tanpa henti untuk melakukan Sedekah di setiap Hari Jumat nya. Kami juga akan mengajak para relawan yang berhati mulia bersama  melakukan nya,  Untuk selalu berbagi kepada mereka para kaum Dhuafa," ungkap Ketua HIPMI Sumut ini. (PS/IRFANDI)




Komentar Anda

Terkini: