Pesan Bupati Kepada Kelompok Tani : Segera Gunakan Alasintan Ini Untuk Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

/ Jumat, 01 Oktober 2021 / 09.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi menyerahkan bantuan sarana peralatan dan mesin pertanian (Alsintan),juga menyerahkan secara simbolis satu juta bibit kopi tahap II dari Perusahaan Jacobs Douwe Egberts (JDE) dan PT. Wahana Graha Makmur pada Kamis (30/09/2021) di pelataran pendopo Bupati.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu yang turut dihadiri oleh Pimpinan PT. Wahana Graha Makmur Suryo Pranoto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit, Inspektur Budianta Pinem serta Camat se-Kabupaten Dairi.

Untuk mendatangkan bantuan peralatan alsintan ini membutuhkan waktu mengingat Presiden Joko Widodo bersama dengan para Menteri dalam memberikan anggaran sangat cermat. Bupati  mengatakan alsintan tersebut di usulkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dan di perjuangkan hingga akhirnya di setujui oleh Menteri Pertanian,urai Eddy Keleng Berutu.

“Ini sesuatu yang harus diperjuangkan dan banyak kelompok tani lain yang sangat membutuhkan, namun akhirnya di berikan kepada kelompok tani di Kabupaten Dairi,” pesan Bupati Eddy kepada kelompok tani penerima bantuan. Oleh karena itu, Bupati Eddy mendorong setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Dairi untuk tetap semangat dalam meyakinkan Kementrian agar perhatian kepada Kabupaten Dairi lebih besar lagi, sehingga harapan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dapat tercapai.

“Alat-alat ini saya titipkan kepada saudara saudaraku semua, gunakan dan jagalah dengan sebaik baiknya. Segera gunakan seefektif mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian yang berlipat ganda,”  pesannya kepada kelompok tani.

Ditambahkan lagi,kepada kelompok tani bahwa Pemkab Dairi saat ini sedang membangun sebuah dermaga di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan. Pembangunan dermaga tersebut diutarakan Bupati Eddy atas usulan dan tindaklanjut yang dilakukan Bupati kepada Kementrian terkait untuk meyakinkan pihak Kementrian bahwa Kabupaten Dairi sangat butuh fasilitas dermaga tersebut.

“Dengan adanya dermaga tersebut, maka nantinya lalu lintas pengiriman barang ke daerah seputar kawasan danau toba bisa lebih lancar dan sektor pariwisata kita akan kembali membaik. Dermaga itu akan menjadi dermaga yang pertama yang dibangun di Dairi khususnya di Silahisabungan,” tambah Bupati saat menjelaskan bantuan lain yang diberikan Kementrian kepada Kabupaten Dairi.

Terkait dengan bantuan bibit kopi, disampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan PT. Wahana Graha Makmur yang telah memberikan dukungan dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan Jacobs Douwe Egberts (JDE). “Selamat kepada anda petani kopi yang akan menerima bantuan bibit dan komit untuk mengembangkan kembali kejayaan kopi sidikalang. Saya juga telah berkomunikasi dengan PT. Wahana agar ada jaminan pembelian kopi setelah panen nantinya,” pungkas Bupati Eddy.

Tak lupa Bupati Eddy menyampaikan kepada Pemerintah Pusat atas dukungan yang diberikan kepada Kabupaten Dairi dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Effendy Berutu dalam laporannya menyampaikan beberapa bantuan alsintan yang diserahkan diantaranya adalah mesin perontok padi sebanyak 10 unit; mesin perontok multiguna untuk padi, jagung dan kedelai sebanyak 2 unit; mesin pemipil jagung sebanyak 5 unit; had traktor bajak sawah sebanyak 4 unit; cultivator bajak tanah kering/darat sebanyak 12 unit; hand sprayer elektrik sebanyak 7 unit serta penyerahan secara simbolis bibit kopi sebanyak 200 batang. (PS/K.TUMANGGER).


 

Komentar Anda

Terkini: