Aktivis ProDEM Akan Gelar Aksi Di Gedung KPK RI Minta 2 Menteri Diperiksa

/ Rabu, 06 Oktober 2021 / 01.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - JAKARTA - Besok (Hari ini), Rabu (6/10/2021), Jaringan Aktivis ProDemokrasi (ProDEM) akan melakukan aksi di depan Gedung KPK RI Jl. Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan.

Hal ini diketahui dari siaran Pers di Group Whatsapp Komunitas Jurnalis DKI, Selasa (5/10/2021) sekira pukul 21.12 Wib.

Siaran Pers yang berisikan mengundang Wartawan untuk meliput aksi ProDEM di depan KPK RI. Aksi yang dilakukan ProDEM di KPK RI meminta dan mendesak KPK, agar segera mengusut dugaan skandal kejahatan perpajakan dan money laundry yang dikuak dalam dokumen 'Pandora Paper, dan mendesak KPK segera menyidik dan menangkap Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto.

Hal yang dikemukakan ProDEM pada siaran Pers tersebut, adanya dugaan bocoran dokumen finansial rahasia yang menguak kesepakatan bisnis dan kepemilikan perusahaan di negara suaka pajak. 

Sedikitnya, ProDEM menuding ada dua menteri Presiden Joko Widodo. Tudingan itu mengarah pada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang disinyalir muncul dalam dokumen 'Pandora Papers'.

Dokumen yang berasal dari 14 agen pengatur perusahaan cangkang, yang merupakan hasil investigasi dan liputan kolaborasi yang dipimpin oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Lembaga Jurnalisme Investigasi Nonprofit yang berbasis di Washington, DC.

ProDEM merasa miris, disaat pandemi covid 19, ketika ekonomi rakyat dan negara sedang terpuruk, utang negara menggunung, korupsi merajalela, besarnya defisit keuangan negara, dan pendapat negara dari pajak jauh dari target, sedangkan rakyat jadi korban penghisapan, dibebani berbagai pungutan pajak.

"Sementara, para Menteri atau pejabat negara justru menghindar untuk membayar pajak. Bahkan disinyalir melakukan kejahatan pencucian uang (money laundry) di negara suaka pajak,"ProDEM pada siaran Pers Undangan peliputan.

Pada siaran Pers di Group Whatsapp tersebut, tertulis Iwan Semule menjabat Ketua Majelis ProDEM, dan M. Mujib menjabat Sekretaris Jendral ProDEM. (PS/Red)

Komentar Anda

Terkini: