Wabup Tapsel Rasyid Assaf Dongoran Apresiasi Kades Padanglancat Kembangkan Ikan Mera

/ Kamis, 07 Oktober 2021 / 19.04.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-Wakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran apresiasi Kepala Desa Padanglancat Sisoma Kecamatan Batangtoru yang mengembangkan ikan mera. 


Kepala Desa Padanglancat Sisoma Marihot Anton Sihombing  bisa dicontoh kepala desa lainnnya di Tapanuli Selatan bisa mengembangkan usahanya sesuai keahliannya masing masing, " ucap Wakil Bupati Tapsel. 

Menurut Rasyid Assaf Dongoran di Tapanuli  disebut Ikan Mera 
Di Jawa disebut Ikan Dewa 
Di Tanah Deli sebut ikan jurung

Lebih lanjut disampaikannya," Indonesia ditemukan sedikitnya empat jenis ikan dari genus (bangsa) Tor yakni Tor tambroides, Tor tambra, Tor soro dan Tor douronensis.

Beberapa hari lalu, Saya bertemu silaturahmi dan dialog dengan  Lae kami Marihot  Anton Sihombing yang juga Kepala desa Padanglancat Sisoma beserta istrinya iboto kami. 



Dijelaskan Wabup Tapsel bahwa Pak Kades ini yang juga Lae ini, Pensiun dini dari TNI dan memulai belajar dan mengembangkan ikan Jurung/Mera sejak lebih kurang 12 tahun lebih , yang awalnya Secara otodidak dan diimbangi dengan pelatihan dari lembaga berkompeten.

Ikan ini , secara alami hidup di sungai air deras dan jernih bersih, tidak predator terhadap ikan lain, makan lumut dan tumbuhan," ujarnya. 

Tapi ternyata, Ikan Mera  bisa dibudidayakan pada kolam dengan syarat tertentu , misalkan: perlakuan khusus air mengalir yg diberikan batuan dan pasir , selalu dipastikan oksigen terlarut dalam keadaan baik," ujarnya.

Menurut keterangan Pak Kades, kerjasama beliau dengan pemerintah/ KKP RI selama bertahun -tahun. Hampir 1000 orang sudah di latih dan diberikan fasilitas awal , serta motifasi, mereka berasal dari Tabagsel dan sekitarnya ,  tapi belum ada yang berhasil juga, menurut beliau banyak yang mudah menyerah dan tidak menjiwai-nya.

Maka , Saya katakan Semoga Tidak menyerah dan terus membina masyarakat Terus lae...Semangat Pak Kades, " harapnya. 

Saat ini dipasaran Tabagsel  harga 1 kg ikan Mera/Jurung ini sekitar Rp 200.000- 300.000/kg dan di Medan saya sinyalir Rp 400.000- 500.000/kg . Melihat harganya tentu kita tertarik , tetapi sesungguhnya setiap hal tidak lah gampang, butuh ketekunan dan komitmen serta hati yang "dewa" . Ikan ini harus dipelihara selama 2 tahun untuk disebut layak panen, karena ususnya pendek," ujar Wabup Tapsel. 

Jika anda punya kolam dengan air mengalir , dan air jernih , tak salah membeli Bibit ikan Mera/jurung , membudidayakannya, harga per bibit ikan sekitar Rp 7000-Rp 10000 (tergantung besaran ikannya) dengan alamat Desa Padanglancat Sisoma Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: