Wawako Arwin Siregar Menyerahkan 2 Unit Alat Pemotong Untuk Kelompok Tani

/ Rabu, 06 Oktober 2021 / 20.58.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Wakil. Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM secara simbolis menyerahkan 2 unit alsintan berupa alat pemotong unggas untuk dua kelompok tani yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta bantuan benih padi unggul varietas mokongga kepada  masing- masing kelompok tani, Rabu (6/10).

Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Ir.H.Arwin Siregar, MM mengatakan bantuan benih padi dan alsintan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dalam memenuhi kebutuhan pangan di Kota Padangsidimpuan. khususnya beras. 

Untuk penerapan teknologi pertanian kepada para petani, Arwin Siregar meminta Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan mendampingi kelompok tani agar hasilnya lebih baik.” dengan demikian diyakini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil komoditas tanaman pangan”, kata Wawako.

Menurutnya, Padangsidimpuan sebagai daerah perkotaan memiliki tantangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Kota Padangsidimpuan, seiring dengan laju pertumbuhan penduduk harus dibarengi dengan peningkatan hasil produksi pertanian.

Sementara Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Ir. Parimpunan Siregar mengatakan dalam rangka meningkatkan hasil panen padi petani sawah, Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian telah memberikan 46,075 ton benih unggul padi sawah kepada kelompok tani untuk ditanam pada areal sawah seluas 1.581 hektar.

 Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Ir.Parimpunan Siregar  pada acara penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) dan benih padi varietas mekongga di Aula Kantor Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan,Rabu (6/10).

Dijelaskan, bantuan benih padi unggul varietas mekongga sebanyak 25 ton untuk lahan sawah seluas 1000 hektar telah di realisasikan pada Bulan Juni 2021 kepada 77 kelompok tani yang tersebar diberbagai kecamatan yang ada diwilayah Kota Padangsidimpuan.

Sedangkan 21.075 Ton lagi untuk areal sawah seluas 581 hektar merupakan bantuan program Peningkatan Indeks Pertanaman (PIP) yang bersumber dari APBN 2021 juga telah diserahkan  kepada 87 kelompok tani pada 16 September 2021.

Kadis Pertanian Padangsidimpuan mengungkapkan,  untuk menampung dan processing hasil komoditas holtikultura,Kementan RI telah memberikan bantuan bangsal pasca panen pada   berupa bangunan gudang penyimpanan dan bantuan Kendaraan Roda 3 sebanyak 1 unit untuk kelompok tani Suka Maju Desa Aek Najaji.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: