Bupati Dairi Kuliah Umum di International University

/ Selasa, 09 November 2021 / 06.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang di dampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa di Jakarta International University (JIU) di Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/11/2021). Kehadiran Bupati Dairi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi disambut oleh President Director Royal Sumatera Group, Pendiri dan Rektor JIU H.D Lee.

Dalam penyampaian materi kuliah umum, Bupati Eddy memaparkan tentang pengembangan SDM yang profesional dan berkarakter unggul sebagai penggerak inovasi dan pembangunan daerah. Program SDM Unggul diutarakan Bupati Dairi merupakan perwujudan dari program pemerintah salah satunya di bidang pendidikan yakni program Merdeka Belajar. Program SDM Unggul menurut Bupati Eddy menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Dairi yang dituangkan dalam program Dairi Cerdas.

“Salah satunya melalui kelas pintar dengan mengembangkan kelas kelas yang dilengkapi dengan teknologi dan mengembangkan kelas jarak jauh agar dapat mengembangkan pendidikan untuk semua kalangan,” ujar Eddy Berutu.

Disebutkan lagi,transformasi perpustakaan untuk peningkatan literasi juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi yakni dengan penguatan literasi berbasis teknologi baik itu melalui website dan iPusda (perpustakaan digital) Dairi. Pemerintah Kabupaten Dairi melalui dinas terkait juga melakukan pemerataan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial di masyarakat seperti taman bacaan Dairi, layanan perpustakaan keliling dan layanan perpustakaan desa.

Dalam pemaparan materinya disampaikan berbagai program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya di bidang digitalisasi.keuangan dengan penggunaan QRIS. Penggunaan QRIS dikatakan Bupati selain sudah diterapkan oleh para pedagang di Pasar Sidikalang, juga telah diterapkan di rumah ibadah khususnya para jemaat yang akan memberikan persembahan. “Untuk digitalisasi, Kabupaten Dairi meraih peringkat ke 3 (tiga) dalam Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara,” papar Eddy Berutu.

Untuk sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Dairi telah memiliki sebuah Platform yakni Visit Dairi.com yang di launching langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam platform tersebut dijadikan menjadi sebuah wadah untuk tempat mempromosikan produk produk unggulan dari Kabupaten Dairi seperti Kopi Sidikalang dan Tenun Ulos Silalahi. Sedangkan untuk sektor pengembangan UMKM,juga melakukan kerjasama dengan Bank Mestika Medan untuk melatih para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Dairi melalui program Inkubasi Bisnis.

Paparan materi yang disampaikan oleh Bupati mendapat tanggapan yang luar biasa dari para mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut terlihat dari beberapa pertanyaan pada akhir kuliah dari beberapa mahasiswa Dairi seperti dari Bobby Pandiangan dari mahasiswa dari Desa Pandiangan, Kecamatan Lae Parira yang bersekolah JIU dan Eurika dari Nias dimana ibundanya berasal dari Desa Jumantuang, Kecamatan Siempat Nempu.

Di akhir pertemuan, Bupati Dairi bersama President Director Royal Sumatera Group, Pendiri dan Rektor JIU menandatangani dokumen kesepahaman dan kesepakatan untuk dapat bekerjasama dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Dairi. Dalam pertemuan ramah tamah tersebut,membicarakan bagaimana pendidikan tinggi bisa tersedia oleh JIU di Kabupaten Dairi serta bagaimana untuk pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi Dairi yang kurang mampu.

Usai pertemuan,Bupati berkesempatan untuk melihat fasilitas belajar mengajar yang teratur, tertata, bersih dan modern di kampus JIU.(PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: