Kerap Tawuran, UBKM- MU Fasilitasi Perdamaian Antar Warga di Belawan

/ Kamis, 18 November 2021 / 13.22.00 WIB


POSKOTA SUMATRA.COM-BELAWAN - Pasca aksi bentrokan / tawuran yang terjadi di kawasan Belawan, ternyata organisasi Ukhuwah Badan Kesejahteraan Mesjid Medan Utara (UBKM-MU) telah sukses mengelar acara perdamaian antar warga yang terlibat tawuran guna mencari format ideal Akhlakul Karimah dalam mengatasi aksi tawuran dan narkoba.

Kegiatan yang bermanfaat bertemakan "Ukhuwah Islamiyah itu sesungguhnya Mukmin itu bersaudara"  dilaksanakan di halaman Mesjid Al Istiqomah Jl.Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan.pada Rabu malam  (17/11/2021) jam  20.00 WIB hingga selesai  jam 23. 30 Wib.

Acara penuh kesejukan dan nuansa perdamaian yang dihadiri ribuan warga tersebut dihadiri oleh Kapolda Sumut yand diwakili Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Dwi Indra Maulana, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Faisal Rahmad Husein Simatupang SIK.SH MH,Waka polres Pelabuhan Belawan kompol Dr.Herwansyah,SH,M,si, mewakili Dan Lantamal dan Pomal, Danramil Belawan, mewakili ketua MUI Kota Medan, Ketua Dewan Penasehat UBKM-MU H.Irfan Hamidi, Ketua UBKM-MU H.Jamaluddin, Ketua BKM Al Istiqomah Mhd.Taufik, Sekretaris UBKM-MU Johan Arifin, SH, mantan anggota DPRD Provinsi Sumut HM.Natsir, Camat Belawan diwakili Roby Zulkarnain selaku Sekcam, Lurah Belawan 1 serta para tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para ibu pengajian, remaja mesjid, Mujahidin serta turut hadir pengurus RENTAN ( Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana ) masing-masing Alfin Yahya, Abah Salman, Miraza Anwar.

Dalam sambutannya Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Dwi Indra Maulana menyampaikan Salam hormat dari Kapolda Sumut berhubung Kapolda berhalangan.Polda Sumut telah melakukan upaya upaya pencegahan terjadinya tawuran.masalah aksi tawuran di Belawan merupkan tanggung jawab kita semua.

" Pihak Kepolosian Sumut meminta bersama - sama dengan alim ulama untuk menjaga warganya untuk tidak tersulut/ terpancing emosi yang memampaatkan situasi Belawan menjadi tidak kondunsif," Harap Kombes Pol Dwi Indra Maulana.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmad Husein Simatupang SIK, SH MH mengatakan, apresiasi pada kegiatan yang dilakukan UBKM MU yang dibina Pak Haji Irfan telah melaksanakan pertemuan ini sebagai bentuk wujud sinergisitas antara masyarakat, tokoh ulama dengan pihak kepolisian dan TNI dengan harapan agar situasi Kamtibmas dapat terjaga sehingga kehidupan masyarakat dapat lebih baik lagi.

" Kita minta kepada masyarakat agar menjaga ànak- anaknya dan pihak orang tua selalu memberikan pandangan hidup  sejak dini agar mereka kelak menjadi manusia yang bijak dan berwatak mulia." ujar Kapolres.

Acara yang diprakarsai UBKM-MU tersebut dimulai.dengan pembacaan ayat suci Alquran selanjutnya diisi dengan Tausyah dari 2 penceramah masing-masing Ustad H.Helmi Nasution dan Ustad H.Abdul Latif Khan, S.Ag.

Ketua Dewan Penasehat UBKM-MU H.Irfan Hamidi disela-sela acara mengatakan, bermula dari adanya aksi kenakalan remaja yang menjadi  tawuran-tawuran terus menerus hingga meresahkan masyarakat, maka pada hari ini atas nama Ukhuwah Badan Kesejahteraan Mesjid  Medan Utara (UBKM-MU) bersama para tokoh masyarakat dan ulama berinisiatif berupaya mengadakan pertemuan perdamaian antar warga agar kedepannya tidak ada lagi tawuran di Belawan.

Melalui acara ini kiranya ada perubahan baik tak ada lagi tawuran, kita mengingatkan pada anak-anak sebagai pelaku tawuran yang mayoritas umat Islam diingatkan pada agama, dan semoga Allah SWT memberikan hidayahnya agar kedepan tak ada lagi tawuran-tawuran di Kecamatan Medan Belawan ini sehingga kedepan dapatlah kita menata lebih baik lagi Belawan ini.

Kita juga berterimakasih atas adanya sinergi aparat Polisi dan TNI serta para ulama dan Umaroh untuk membangun mental masyarakat. Karena di Belawan ini persentasi kemiskinan masyarakat masih cukup banyak dan kebodohan akibat anak-anak putus sekolah masih banyak, semoga adanya sinergisitas ini terus berlangsung antara ulama dan umaroh sehingga dapat mengangkat martabat masyarakat Belawan yang miskin agar masyarakatnya tidak miskin lagi dan yang bodoh masyarakatnya tidak bodoh lagi.Harap Haji Irfan.(PS/ABU HASAN)
Komentar Anda

Terkini: