Mahasiswa KKN UM-Tapsel Panen Bawang Merah Bersama Koptan Gemilang Di Kelurahan Batunadua Jae

/ Selasa, 16 November 2021 / 13.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Mahasisiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammasiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel)  bersama  Kelompok Tani Gemilang  Kelurahan Batunadua Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan melakukan panen Bawang Merah varietas SS Sakato minggu (14/11). 


Ketua KKN UM - Tapsel Dodi Rafsan Jani Dalimunthe mengatakan," tujuan UM Tapsel  menerjunkan mahasiswanya melakukan Kuliah Kerja Nyata  adalah untuk membantu kelompok tani Gemilang  panen bawang merah serta memberikan pemahaman tentang cara bercocok tanam bawang merah yang baik. 

Bukan halnya masalah pandemic Covid-19 saja yang harus dibantu dalam pencegahannya, namun dari sector ekonomi pun masyarakat banyak mengalami kendala terutama pada hal ketahanan pangan," ujar Dodi Rafsan Jani Dalimunthe.

Oleh sebab itu mahasiswa KKN UM-Tapsel  memberikan pemahaman  kepada Kelompok Tani Gemilang   sekaligus mempraktekkan bukti contoh menanam bawang merah yang benar dan dapat dilaksanakan pada musim kemarau karena tidak memerlukan air terlalu banyak.

Program menanam bawang merah sebagai salah satu praktek ketahanan pangan dimulai dimasa KKN mahasiswa UM Tapsel. Kelompok Tani Gemilang Kelurahan Batunadua Jae  sangat antusias mempelajari dan cara menanam bawang merah yang baik, " ujar Rafsan Jani Dalimunthe. 

Keberhasilan panen Bawang merah di Kelurahan Batunadua Jae tidak luput dari peran besar Bapak Ketua Kelompok Tani Gemilang Kelurahan Batunadua Jae  Edi Rahmad Harahap dan Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan  yang memberikan penyuluhan  kepada masyarakat Kelurahan Batunadua Jae," ucap Ketua KKN UM. Tapsel.

Dalam kegiatan KKN yang berlangsung  Di akhir tahun 2021 ini, peserta KKN UM-Tapsel mengajak warga Kelurahan Batunadua Jae mulai dari membuat media tanaman dan pupuk, penebaran benih, perawatan tanaman hingga panen.



Diharapkan, hasil panen bawang merah itu dapat membantu masyarakat di Kelurahan Batunadua Jae untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga di era pandemi dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," ujar Dodi Rafsan Jani Dalimunthe 
 (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: