Pemko Lhokseumawe Tidak Lagi Menganggarkan Gaji Bagi Ribuan THL

/ Jumat, 12 November 2021 / 14.49.00 WIB
Drs. Marzuki (Kabag Kabag Humas dan protokoler pemko Lhokseumawe.

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSEUMAWE-Pemerintah Kota Lhokseumawe tidak menganggarkan anggaran  lagi untuk pembayaran gaji /Honor bagi tenaga hanor grade C Pada tahun 2022, kerena mengingat kemampuan keuangan daerah yang tidak mampu lagi menggajikan mereka.

Hal ini juga disebabkan jumlah Dana Alokasi Umum (DAU) yang dikirim pemerintah pusat yang diterima Pemko Lhokseumawe semakin tahun semakin berkurang, demikian dikatakan oleh Marzuki Kabag Humas Pemko Lhokseumawe, Jumat, 12/11 tadi pagi.

Ada 2.753 tenaga honor kategori greade  C yang tidak dianggarkan gaji mulai tahun 2022, ;kepada mereka juga tidak dibolehkan lagi diperpanjang  surat keputusan (SK) untuk tahun anggaran 2022, dan diharapkan kepada kepala OPD yang selama ini menandatangani SK kepada tenaga honor  tidak lagi memperpanjang SK baru untuk tahun 2022.

Marzuki melanjutkan, Kepada ribuan tenaga honor Gread C selama ini dibayar gaji/honor sebesar Rp 300.000 per bulan. Dengan jumlah tenaga honor sebanyak  2.753 orang , Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam satu tahun mengeluarkan anggaran sebesar Rp 9,9 milyar  untuk 2.753 tenaga honor .

Akibat kemampuan keuangan Pemerintah Kota Lhokseumawe  semakin berkurang , sehingga di tahun 2021 saja, Pemko hanya baru  mampu membayar gaji/honor  untuk tenaga honor selama 9 bulan,TPK  bagi ASN 9  bulan. Karena Pemerintah Kota Lhokseumawe tidak lagi mampu membayar gaji bagi tenaga honor di tahun 2022,, maka diharapkan kepada mereka untuk mencari peluang kerja di tempat lain demi masa depan ekonominya yang lebih baik lagi.

Marzuki menambahka, Saat ini di Pemko Lhokseumawe ada sebanyak 3.153 orang ASN , sebanyak 227 tenaga honor daerah (Honda) grade A gajinya dibayar Rp 800.000 per bulan, sebanyak 1.506 tenaga honor kategori grade B gajinya dibayar Rp 500.000 per bulan,  dan THL kategori grade C dengan jumlah 2.753 orang dengan honor dibayar Rp 300.000 per bulan. Adapun total  tenaga honor di Pemko Lhokseumawe saat ini mencapai  4.812 orang ( tenaga honor grade A, B dan C).

Kebijakan Pemko Lhokseumawe  merasiona lisasikan jumlah tenaga honor  tak lain adalah ketidakmampuan keuangan daerah yang tidak mampu lagi untuk melakukan penggajian . Pelaksanaan pengurangan tenaga honor dijajaran Pemko Lhokseumawe ini akan dilakukan bertahap, sehingga nantinya didapati jumlah tenaga honor yang layak dan sesuai dengan kebutuhan kemampuan keuangan daerah, imbuhnya. (PS|DAHLAN)

Komentar Anda

Terkini: