TNI-POLRI Apel Gelar Pasukan Pengamanan PSU Tahap II Kabupaten Yalimo

/ Senin, 15 November 2021 / 16.28.00 WIB


POSKOTASUMATERA-ELELIM-Bertempat di Lapangan Apel Pemerintah Daerah Kab. Yalimo, Sabtu (13/11), Polres Yalimo menggelar Apel Gelar Pasukan Gabungan TNI-Polri dalam rangka menghadapi Pemungutan Suara Ulang (PSU) tahap II Pilkada Kab. Yalimo tahun 2020.

PSU yang akan segera dilaksanakan di Kab. Yalimo, berdasarkan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan KPU Kab. Yalimo untuk melaksanakan pemungutan suara ulang setelah mendiskualifikasi salahsatu calon Bupati.

Apel dipimpin oleh Kapolres Yalimo, AKBP Hesman Sotarduga Napitupulu, S.H., S.I.K., M.H., diikuti oleh 400 personel TNI-Polri dari personel jajaran Kodim 1702/jayawijaya, Kodim persiapan Yalimo, Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS, Satuan Brimob Nusantara dan Polres Yalimo.

Kapolres dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan salahsatu bentuk kesiapan kami TNI/Polri dalam mengamankan jalannya PSU tahap II nanti. 

“Pada pelaksanaan PSU, seluruh personel yang terlibat agar memahami prosedur yang berlaku sehingga tidak ada keragu-raguan pada pelaksanaan tugas di lapangan. Tetap jaga kekompakan  dan sinergitas  dalam menjaga situasi, keamanan dan ketertiban masyarakat di Kab. Yalimo,” katanya.

Kapolres juga mengingatkan agar personel TNI-Polri tetap memegang teguh netralitas dengan tidak memihak salahsatu calon.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang saat ditemui mengatakan bahwa pihaknya berharap masyarakat dapat bekerjasama dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pelaksanaan PSU nantinya.

“Kita tidak ingin konflik sosial yang terjadi beberapa bulan yang lalu terulang kembali, sebab dampak yang ditimbulkan sangat merugikan banyak pihak termasuk masyarakat itu sendiri. Untuk itu, mari kita tidak memaksakan ego masing-masing dan menyelesaikan konflik politik di Kab. Yalimo saat ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Semua untuk Kab. Yalimo yang semakin baik, maju dan sejahtera,” tutur Dandim.

Turut hadir PJ. Bupati Kab. Yalimo Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.Si., Dansatgas BKO Brimob Nusantara Kombes Pol Brury Soekotjo A.P, S.I.K., Ketua KPUD Yalimo Yehemia Walianggen S.S., Kakesbangpol Kab. Yalimo Liberius Mabel, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Yalimo Yunus Sambom dan Kepala Dinas Sosial Kab. Yalimo Manase Loho. (PS/RED)

Komentar Anda

Terkini: