Ketua TP PKK : Cegah Stunting di Dairi ,Harap Setiap Desa Gelar Posyandu Dengan Rutin

/ Rabu, 15 Desember 2021 / 07.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI  – Siempat Nempu Hilir – Tim Konvergensi Penurunan Stunting Kabupaten Dairi mengadakan aksi konvergensi intervensi penurunan dan pencegahan stunting Kabupaten Dairi tahun 2021 di Kantor Kepala Desa Simuhun, Siempat Nempu Hilir, Selasa (14/12/2021).

Dalam aksi tersebut, tim konvergensi melakukan pemantauan timbang ukur balita yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu. Timbang ukur balita tersebut, diikuti dengan antusias oleh masyarakat dengan membawa anak-anaknya yang masih balita.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan angka stunting di Dairi secara keseluruhan telah mengalami penurunan dari angka 39,5% menjadi 18,35% di tahun 2021.

Dalam penurunan angka tersebut, Romy menyampaikan banyak hal yang sudah dilakukan seperti halnya pelaksanaan posyandu yang sedang berlangsung saat ini dan kegiatan posyandu berlangsung di seluruh desa di Kabupaten Dairi.

“Hasilnya langsung dilaporkan melalui sistem aplikasi sehingga cepat pengumpulan datanya. Pelaporan data ini juga menjadi salah satu fokus utama kita juga”, jelas Romy.

Diutarakan Romy, Kabupaten Dairi pada tahun 2022 akan mendapatkan bantuan alat antropometri sebanyak 270 set sehingga diharapkan nantinya pengumpulan data dapat lebih standar sehingga data yang kita hasilkan lebih akurat.

“Kegiatan posyandu seperti ini sangat bagus sekali dan antusias masyarakat untuk kegiatan ini saya lihat sangat tinggi. Kita harapkan semua posyandu melakukan secara rutin kegiatan posyandu ini”, pungkas Romy.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Siempat Nempu Hilir Swanto Sitakar, serta Kepala Desa Simungun. Sementara dari Tim Konvergensi Penurunan Stunting Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Koko Angkat, Kabid Litbang Gema Sihite, Kabid Kesehatan Masyarakat dr. Edison Damanik, Kabid Pembinaan Paud Marina Sinaga, Kabid Ketahanan Pangan Meri Debora Saragih, Pendamping Desa, pendamping PKH, dan beberapa perwakilan OPD. (PS/K.TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: