Untuk Tingkatkan Kualitas, 100 Lembaga PAUD/RA di Kota Padangsidimpuan ikuti Bimtek Holistik

/ Selasa, 21 Desember 2021 / 21.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Untuk Tingkatkan kualitas Pendidikan, Sebanyak 100  Lembaga PAUD/RA yang terdiri dari guru guru di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan RA di Kota Padangsidimpuan,  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek)  holistik yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyelenggaraan PAUD di aula  gedung Muhammadiyah beralamat di JL. S. PARMAN NO. 18, Bincar, Kec. Padang Sidimpuan Utara, Kota Padang Sidimpuan baru baru ini.


Nara sumber  yang dihadirkan 10 Fasilatator Direktotat Pendidikan  yang memenuhi kompetisi, Sekda Kota Padangsidimpuan H.Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes.

Sektetaris Daerah Kota Padangsidimpuan H.Letnan Dalimunthe,SKM.M.Kes  sambutannya pada kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD HI  antara lain menyampaikan," Pembangunan PAUD adalah upaya sadar dan komitmen untuk mewujudkan anak Indonesia sesuai dengan harapan.  Pengembangan usia dini holistik intregratif adalah terselengaranya layanan Pembangunan anak usia dini holistik integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas,  ceria, dan berahlak mulia (Sesuai Perpres nomor 60 tahin 2013 pasal 2 ayat 1 )

Lebih lanjut disampaikannya Pendidikan Usia Dini Holistik Integratif adalah layanan pendidikan bagi anak usia dini yang diselenggarakan dal rangka mengembangkan Kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam baik kesehatan, gizi, pemgasuhan, perlindungan, dan rangsangan pendidikan karakter dalam setiap pembelajarannya. 

Menghadapi tantangan abad ke 21 ini Pendidikan mesti mampu mengubah paradigmanya dari yang fragmanted menjadi pendekatan," ujar Sekda.

Disampaikannya, " sebuah kesepakatan global yang disebut GATE (Global Alliance For Transforming Education) mencanangkan perlunya tranformasi pendidikan dari yang terkotak kotak menjadi sebuah konsep yang utuh atau holistik integratif. 


Di tempat terpisah Kadis Pendidikqn Kota Padangsidimpuan H. Muhammad Luthfi Siregar, SH, MM melalui Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Hj. Tuti Elida Nasution, SH mengatakan pihaknya setiap tahun selalu rutin melaksanakan Bimtek agar seluruh  tenaga pendidik selalu mendapatkan ilmu baru dan kapasitas yang dimiliki tenaga pendidik PAUD/RA terus meningkat.


Tema Bimtek tahun ini adalah Program Holistik Integratif penanganan anak usia dini secara utuh/menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan, dan pengasuhan serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua
untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini di satuan PAUD/RA.

Turut hadir dalam acara tersebut  Bunda PAUD Nyonya Linda Arwin Siregar, Sekda Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM. M. Kes, Kadis Pendidikan Kota Padangsidimpuan H. Muhammad Luthfi Siregar,MM dan dari Dirjen Kementerian Pendidikan.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: