Beraksi Lagi Diawal Tahun, Polsek Medan Tuntungan Amankan Pencuri Kabel Telkom

/ Jumat, 07 Januari 2022 / 19.12.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Beraksi lagi diawal tahun 2022,  pelaku pencurian kabel milik PT. Telkom diamankan oleh Tim Reskrim Polsek Medan Tuntungan, Jumat (7/1/22) sekira pukul 01.00 WIB.

Tersangka adalah Jhon Syahputra Bangun (36) warga Jalan Pinus 14 nomor 7 kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan.Diringkusoleh Tim Patroli Aset dari PT. Telkom Indonesia TBK Medan saat sedang menggali dan memahat kabel dalam tanah yang berada di pinggir Jalan Tembakau Raya Perumnas Simalingkar, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (6//1/2022) sekira pukul 23.30 WIB. 


Dari tersangka ditemukan 1 buah cangkul, 2 buah tembilang,1 utas tali tambang, 1 sekop, 1 parang bergagang besi, 1 martil, 1 batu asah, 1 gancu, 1 pisau cater, kabel tanah isi tembaga lebih kurang 5 meter serta satu unit sepeda motor yamaha mio BK 2088 AFS.

Data yang dihimpun dari pihak kepolisian, Jumat (7/1/22) siang, kalau penangkapan tersangka berdasarkan laporan dari masyarakat. 

Dimana pada Kamis (6/1/2022) sekira pukul 23.30 WIB, tersangka bersama dua temannya inisial R dan IT (DPO) menggali kabel milik PT. Telkom Indonesia TBK yang tertanam di dalam tanah kawasan Jalan Tembakau Raya Perumnas Simalingkar, kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan. Dimana di lokasi yang sama juga sedang ada pengorekan parit untuk mencegah terjadinya banjir.

Selagi tersangka dan kedua temannya sedang beraksi, Tim Patroli Aset dari PT. Telkom Indonesia TBK Medan yang lagi patroli melintas di lokasi kejadian melihat keberadaan ketiganya menggali dan memahat kabel untuk ditarik. 

Kemudian Tim Patroli Aset dari PT. Telokm Indonesia TBK Medan yang pada saat itu berjumlah 5 (lima) orang dengan mengendarai Mobil Toyota Inova langsung menghentikan mobil dan berusaha mengamankan pelaku.

Saat berusaha diamankan oleh Tim Patroli Aset PT. Telkom, dua teman pelaku Jhon, yakni  R dan IT berhasil melarikan diri, sedangkan tersangka Jhon Sahputra Bangun berhasil diamankan.

Selanjutnya, tersangka Jhon Sahputra Bangun beserta barang bukti dibawa ke Kantor PT. TELKOM Indonesia TBK Medan di Jalan Prof. H.M. No. II Kel. Sei Kera Hilir II, Kecamatan Medan Perjuangan dan menghubungi Suwanto Nainggolan selaku Koordinator PT. Telkom Indonesia TBK Medan.

Jumat (7/1/2022) sekira pukul 01.00 wib, Siwanto Nainggolan tiba di ke Kantor PT. Telkom Indonesia TBK Medan. Lalu, bersama dengan Tim Patroli Aset akhirnya membawa tersangka Jhon Sahputra Bangun dan barang bukti ke Polsek Medan Tuntungan.

Kapolsek Medan Tuntungan Iptu Christin Malahayati Simanjuntak, SS ketika mengintrogasi pelaku di Mapolsek Medan Tuntungan mengatakan, tersangka diamankan terkait kasus pencurian kabel milik PT. Telkom Indonesia TBK Medan di kawasan Jalan Tembakau Raya Perumnas Simalingkar Kelurahan Mangga, Kecamatan. Medan Tuntungan. Perbuatan itu merupakan yang kedua kalinya dilakukan tersangka.

 "Usai diperiksa secara intensif, tersangka kita jebloskan ke sel tahanan Polsek Medan Tuntungan menunggu berkasnya dilimpahkan ke kejaksaan, sedangkan dua pelaku lagi masih kita lacak," ujar Iptu Christin.(PS/HS)


Komentar Anda

Terkini: