Cegah Banjir, NNB Tapsel Melaksanakan Gerakan Hijau di Dusun Lobuhom Panobasan Lombang

/ Selasa, 18 Januari 2022 / 22.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Untuk mencegah banjir,  Naposo Nauli Bulung Kabupaten Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Riski Abadi Rambe, S.Pd melaksanakan gerakan hijau di Dusun Lobuhom Desa Panobasan Lombang Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Selasa (18/1-2022).


Kepala desa panobasan Lombang Naungan Nauli Harahap dalam hal ini diwakili sekdes Marahot Harahap  menyampaikan apresiasi  yang luar biasa atas program Naposo Nauli Bulung  Kabupaten Tapanuli Selatan  dalam upaya pencegahan dini Bencana Banjir di dusun 3 lobuhom.


Sekdes Panobasan Lombang  Marahot Harahap menyampaikan ucapan terimakasih kepada NNB Tapanuli Selatan yang melaksanakan aksi tersebut. Beliau menyampaikan kepada masyarakat yang hadir agar kiranya dapat bekerja sama dengan NNB Tapanuli Selatan.

Lebih lanjut disampaikannya,"  gerakan hijau ini dilakukan dengan demi kebaikan dan keselamatan kampung kita, mari kita sama sama bergandeng tangan terapkan gotong royong melakukan penghijaun dan bersihkan sungai, agar desa kita tidak banjir lagi,"  ujar Sekretaris Desa Panobasan Lombang.

Ketua Naposo Nauli Bulung Kabupaten Tapanuli Selatan Riski Abadi Rambe dalam sambutannya menyampaikan, " gerakan hijau ini dilakukan dalam upaya meminimalisir bencana banjir dan longsor di dusun lobuhom ini, sembari Riski menyampaikan  bahwa ada bambu kunik kita bawa sebanyak 50 buah ini akan berfungsi untuk melakukan pemagaran jika kita tanam Bambu ini, " ujarnya.

Bambu kuning, bambu ini jika kira rawat dengan baik ini sagat bagus untuk menahan air masuk kepemukiman. Masyarakat, begitu juga dengan rumput vetiver atau Akar wangi sebanyak 100  bibit jenis tumbuhan yang berasal dari india ini berfungsi untuk mencegah longsor, akarnya kuat sampai mencapai 3meter kedalam tanah selain itu rumput vetiver ini juga berfungsi untuk meningkatkan PH Tanah dan melakukan penyaringan Air sehingga air tetap bersih, kata Riski.  

Selain itu Riski juga sampaikan mari kita jaga tanaman ini, mari rawat agar bisa tumbuh dengan baik kami akan pantau tanaman ini bersama dengan rekan rekan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian UMTS, ujar Riski Abadi Rambe. 


Kakan BPBD Tapsel dalam hal ini diwakili kabid kedaruratan dan Logistik Hotmatua Rambe manyampaikan mari  kita jaga Alam.

 Beliau juga menyampaikan apresiasi kegiatan NNB kab tapsel, mari kita sama sama dukung program NNB dalam Upaya melakukan Mitigasi, pencegahan bencana banjir, dusun  lobuhom  Desa  Panobasan Lombang ,mantap tapsel Tangguh, tangguh,tangguh,  siap untuk selamat ujar Hotmatua Rambe sembari Membuka acara Secara resmi.

 Selanjutnya setelah dibuka dilanjutkan dengan Penyerahan bibit bambu kuning dan Rumput petiver kepada masyarakat serta diteruskan dengan penanaman. (PS/BERMAWI
Komentar Anda

Terkini: