Dihadiri Camat Sayurmatinggi Musrembang Desa Mondang Berjalan Lancar

/ Senin, 24 Januari 2022 / 22.46.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Mondang Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), kegiatan ini di adakan setiap tahunnya untuk perencanaan pembangunan Desa tahun anggaran 2023  di tempat Kantor Desa  Mondang, Senin pagi (24/1/2022).




Turut hadir dalam acara musrenbang desa Camat Sayurmatinggi Enri Cofermi Batubara  Bidan Desa,Kader Posyandu,TP.PKK Desa, Dinas  Kb Kecamatan,  Kepala Desa Mondang Efendi Harahap, Ketua BPD dan anggota,PKK, Perpustakaan,PPKBD,Kordinator KB, PLKB, LPMD,  Perangkat desa,  Pendamping desa, BPD,LPMD, Babinsa, Tokoh ,agama tokoh Agama, tokoh masyarakat .




Kades Mondang Kecamatan Sayurmatinggi Efendi Harahap antara lain menyampaikan Musrenbang Desa pada tahun ini terkendalannya pembangunan tahun 2021 akibat covid 19 sehingga menghambat terbentuknya anggaran atau program – program Desa yang kita laksanakan. Maka dari itu ditahun 2022 kita akan usulkan kembali program yang sudah kita usulkan pada tahun kemaren.



Lanjutnya, saya menginginkan kepada peserta musrenbang untuk nanti membicarakan program  program yang terbengkalai pada tahun yang lalu. Pemerintah Desa dan BPD dan seluruh elemen masyarakat selalu bersinergi untuk menyukseskan pembangunan Desa Mondang  Tahun 2023,"  Ucapnya


Lebih lanjut disampaikan Kepala Desa Mondang Efendi Harahap menyampaikan berdasarkan undangan kepada bapak – bapak dan ibu – ibu  dan hadirin sekalian dalam acara Musrenbang ini bahwasanya kita kembali mengulas usulan tahun 2021 karena kita terkendala covid 19 makanya tidak dapat dilaksanakan. Untuk itu pada Hari ini kita bahas kembali.

Untuk tahun ini sesuai Alokasi dana desa dilaksanakan berdasarkan aturan yang berlaku yaitu berdasarkan Perperes  nomor 104 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b.program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen); 

c.dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa.

Dari total 100% (seratur persen) Dana Desa yang diterima tiap desa, Pemerintah Desa hanya bisa mengalokasikan 32% (tiga puluh dua persen) dari Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan program sektor lainnya. 



Untuk perangkat Desa dan anggota dan tokoh masyarakat yang hadir saya saya harapkan menyampaikan hasil Musrenbang ini nantinya kepada masyarakat yang tidak hadir agar tidak terjadi salah paham dan tidak menjadi cerita yang tidak baik. Maka dari itu apabila ada usulan – usulan sampaikan saja di forum apapun usulan bapak – bapak dan ibu – ibu semua akan kita tampung. Ujarnya.

Usai musrenbang desa dilanjutkan dengan acara vaksinasi massal," ujar Kades.(PS/BERMAWI)








 
Komentar Anda

Terkini: