Musrenbang Desa Sigumuru Kec. Angkola Barat Berjalan Aman Dan Lancar

/ Sabtu, 29 Januari 2022 / 11.56.00 WIB

POSKOTASUMAERA.COM-TAPSEL-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)   Desa Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan berjalan aman dan lancar di kantor Kepala Desa setempat Sabtu (29/1-2022).


Musrenbang Desa Sigumuru dihadiri  Sekretaris Kecamatan Angkola Barat Mardin LP. Said,  Kasi Pembangunan Juni Suryani Simanjuntak,  Ketua BPD dan anggota BPD, PKK, Kader posyandu, Kader KB,  Pendamping Desa,  Tenaga ahli,  tokoh masyarakat, tokoh agama, Tokoh pemuda dan undangan lainnya. 

Sekretaris Kecamatan menyampaikan 
Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pada pasal 5 ayat (4) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 diatur penggunaannya sebagai berikut :

a. Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b.program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen); 

c.dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa.

Dari total 100% (seratur persen) Dana Desa yang diterima tiap desa, Pemerintah Desa hanya bisa mengalokasikan 32% (tiga puluh dua persen) dari Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan program sektor prioritas lainnya.

Sekcam juga berharap agar  warga masyarakat mendukung  pelaksanaan Pembangunan  jalan nasional yang saat ini berjalan. Pihaknya juga berharap agar program yang dijalankan oleh Kepala Desa untuk didukung masyarakat.  

Pendamping Desa Ahmad Suheri Simanjuntak  Menyampaikan, "  musrenbang hari ini kita bahas  sumber dananya dari  APBD Tapanuli Selatan,  APBD Provinsi dan APBN. 

Harapan kami dari pendamping eoada masyarakat agar jangan bosan bosan menyampaikan usulan,  dan mungkin masing masing sudah usulannya," ujar Suheri.

Kepala Desa Pangidoan Harahap, SH  mengatakan, Musrenbangdes merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan di tingkat desa.

“Usulan yang kami terima nantinya akan kami bawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan, dan ke Musrenbang tingkat Kabupaten,” kata Kades. 

Kepala  Sigumuru menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah hadir dalam Musrenbangdes tersebut, meskipun saat ini masih dalam suasana pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).
“Besar harapan kami kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengusulkan masukan yang sifatnya membangun demi kemajuan Desa Sigumuru ke depannya,” ungkapnya.


Acara musrenbang desa Sigumuru  untuk tahun anggaran  dipimpin  Ketua BPD Desa Sigumuru Burhanudin Harahap. 
(PS/BERMAWI) 

  
Komentar Anda

Terkini: