Pemkot Tangerang Selatan Berikan Bantuan Ke Lumajang

/ Rabu, 26 Januari 2022 / 23.19.00 WIB

 

Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberikan bantuan terhadap Bencana Erupsi Gunung Semeru sebesar Rp.640.865.231,00. Bantuan ini dikumpulkan dari seluruh ASN di Kota Tangsel tanpa paksaan sedikitpun.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap bencana yang dialami oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Sehingga dia berharap dengan bantuan ini seluruh warga Lumajang bisa bangkit.

"Awalnya bantuan ini akan diserahkan kepada Kabupaten Lumajang sejak awal Januari. Namun dikarenakan banyaknya ASN yang terus berpartisipasi menyerahkan bantuan, akhirnya tertunda dan diputuskan dibatasi hingga beberapa waktu lalu," ujar Pilar.

Bantuan ini juga merupakan bentuk hubungan baik terhadap Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Lumajang. Sehingga ke depannya diharapkan hubungan ini akan tetap terjalin, kemudian warga Lumajang bisa segera memperbaiki keadaannya seperti semula.

Tidak hanya memberikan bantuan, Pilar juga ikut memperkenalkan tim yang ikut dalam kunjungan saat itu. Mulai dari Sekretaris Dinas Sosial Heli Slamet, Kabag Pemerintahan Setda Tangsel Andi Patabai, Kabag Umum Setda Tangsel Ayep Jajat Sudrajat dan staf lainnya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menjelaskan bahwa akibat dari erupsi yang terjadi di Gunung Semeru ini ada 330 rumah hilang ditimbun abu. Dan saat ini warganya masih dalam pengungsian di posko yang disiapkan oleh pemerintah.

Sementara ada ratusan orang yang kehilangan pekerjaan karena tempat bekerjanya juga ikut tertimbun. Hal ini dirasakan oleh para pekerja tambang yang mayoritas bekerja di kaki Gunung Semeru.

Erupsi Gunung Semeru sendiri terjadi pada tanggal 4 Desember 2021 dengan luncuran abu sepanjang 4 kilo meter. Dan dipastikan bahwa pada tanggal 16 Desember, erupsi susulan juga terjadi.

"Justru disusulan erupsi ini lebih besar dibandingkan sebelumnya," ujar Indah yang menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam erupsi susulan ini dikarenakan seluruh warga sudah mengungsi dan mengevakuasi diri.

Karena itu dari apa yang terjadi dan dialami oleh Lumajang terutama warga yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru ini, Indah mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Pemkot Tangsel. Dan dia memastikan akan memanfaatkannya dengan baik.(kyo/Rizki)

(humastangsel-kominfo)


Komentar Anda

Terkini: