Sultan Deli dan Walikota Medan Upayakan Percepatan Revitalisasi Istana Maimoon

/ Minggu, 30 Januari 2022 / 23.54.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Rencana revitalisasi cagar budaya di Kota Medan akan segera diselengarakan guna peningkatan sektor pariwisata. Sultan Deli Tuanku Deli T Mahmud Lamantjiji ST dan Wali Kota Medan Bobby Nasution sepakat mengupayakan percepatan revitalisasi cagar budaya termasuk Istana Maimoon Jalan Brigjen Katamso Medan. 

Sultan Deli memberikan amat mengapresiasi Bobby Nasution karena dianggap peduli dengan cagar budaya di Kota Medan. Bahkan, sejumlah gedung cagar budaya telah direvitalisasi. 

Revitalisasi ini akan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) termasuk Istana Maimoon meski dalam rencana pemugaran Istana Maimoon ini terjadi sedikit kendala dari internal keluarga kesultanan. 

Namun,Sultan Deli Tuanku Deli T Mahmud Lamantjiji ST mengaku akan segera melakukan langkah persuasif guna mengatasi perbedaan pendapat di intenal Kesultanan ini. "Apabila tidak ditemui dititik persuasif, maka pihak kesultanan selanjutnya akan melakukan upaya-upaya khusus. Dalam pertemuan dengan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut, Sultan Deli juga minta agar dibentuk tim untuk menangani persoalan Istana Maimun beserta aset-aset yang dimilikinya," ujar T Mahmud Lamantjiji ST, Sabtu (29/1/2022) saat pertemuan dengan Walikota Medan Bobby Nasution.

Saat itu Sultan Deli didampingi Datuk Seri Diraja Datuk Adil Freddy Heberham, Tengku Pangeran Seri Mangkubumi Tengku Ben Husni Delikhan, serta Tok Muda Abisatya Raja Yudi Daeng Patiorang berkunjung di rumah dinas Wali Kota Medan, Jalan Sudirman. 

Walikota Medan Bobby Nasution sepakat seperti yang disampaikan Sultan Deli untuk mempercepat penyelesaian lebih dulu persoalan yang ada. "Kita berharap persoalan internal diselesaikan secepatnya, sebab tahun 2023 kemungkinan pekerjaan revitalisasi Kota Lama Kesawan sudah selesai dan masuk tahap kedua yang dimulai dari Jalan Pemuda sampai Jalan Masjid berikut Istana Maimoon," kata Bobby Nasution seraya mengungkapkan anggaran revitalisasi Istana Maimun sejak tahun 2019 tersedia di Kementerian PUPR harus kembali menjadi silpa karena tidak sepakatnya orang-orang yang ada di dalam Istana Maimun. 

Terkait itu, Bobby Nasution menyatakan siap membantu upaya-upaya apa pun yang diminta Sultan Deli nantinya. Namun menantu Presiden Joko Widodo itu percaya dan yakin Sultan Deli mampu menyelesaikan persoalan internal yang ada di dalam Istana Maimun tersebut. 

Di luar persoalan Istana Maimun, pihak istana dalam rapat itu juga meminta adanya upaya perbaikan di luar istana seperti halaman dan pagar maupun yang lainnya. Kembali Bobby Nasution menyampaikan, Pemko Medan bisa masuk untuk melakukan perbaikan ketika seluruh permasalahan sudah selesai dengan seluruh ahli waris Istana Maimun. 

Sedangkan untuk aset-aset yang diminta untuk dilakukan perbaikan seperti makam dan Masjid Labuhan, Bobby mengatakan, Pemko Medan siap membantu untuk melakukan revitalisasi. Mengenai permintaan perbaikan rumah-rumah adat Melayu, Bobby menjelaskan, jika objeknya rumah pribadi, Pemko Medan tidak bisa melakukan perbaikan. 

"Perbaikan dilakukan lembaga atau diserahkan dahulu kepada Pemko Medan, baru perbaikan bisa dilakukan," jelasnya.

Di kesempatan itu, Bobby Nasution juga menyampaikan, telah ada kajian dari Universitas Sumatera Utara (USU) terkait untuk kawasan Istana Maimun yakni Jalan Masjid, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Mahkamah sampai Jalan Pandu yang sudah dipresentasikan di D'Heritage Balai Kota beberapa waktu lalu sudah ada desain kerjasama dengan Turki.(PS/NET/REL)

 

 

 

Komentar Anda

Terkini: