Warga Masyarakat Desa Lumban Ratus Kec. Tantom Antusias Mengikuti Musrenbang Desa.

/ Rabu, 26 Januari 2022 / 11.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Warga Masyarakat desa Lumbanratus Kecamatan Tano Tombangan Angkola  Kabupaten Tapanuli Selatan  antusias mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2023  yang bertempat di Kantor Kepala Desa Rabu (26-1-2022).


Musrenbangdes ini merupakan tahap awal perencanaan pembangunan daerah sebelum nantinya dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Kepala Desa Lumban Ratus Camat Panggabean menyampaikan bahwa Dana desa Lumbanratus tahun 2022 sebanyak Rp 704.605.000. Hari ini kita membahas DD tahun 2022 dan Anggaran APBD Tapsel, APBD Provinsi dan APBN Tahun 2023. Untuk itu Kepala Desa mengajak warga masyarakat untuk menyampaukan usulannya yang dinilai prioritas.  



Hari ini Rabu (26/1-2022) Kepala Desa Lumban Ratus membuka secara resmi musyawarah perencanaan desa untuk tahun anggaran 2023. 

Camat Tano Tombangan Indra Sakti Siregar yang diwakili Sekcam Tano Tombangan Raden Saleh Siregar  menyampikan sesuai 
Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pada pasal 5 ayat (4) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 diatur penggunaannya sebagai berikut :

a. Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b.program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen); 

c.dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa.

Dari total 100% (seratur persen) Dana Desa yang diterima tiap desa, Pemerintah Desa hanya bisa mengalokasikan 32% (tiga puluh dua persen) dari Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan program sektor prioritas lainnya

Sekcam mengajak  Warga masyarakat untuk menyampaikan usulannya pada musrenbang ini. Dan jika usulan tidak tertampung ini bisa untuk tahun depan," ujarnya. 

Yang diusulkan skala prioritas untuk tahun anggaran 2023 sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan visi-misi Kepala Desa. Sedangkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diusulkan untuk tahun anggaran 2022 ini," ujar Sekcam.


Acara musrenbang Desa Lumban Ratus dipimpin Kasi Pembangunan Kecamatan Tano Tombangan Angkola   Ernida Simanjuntak.

Pimpinan rapat menyampaikan usulannya kepada peserta musrenbang kemudian dibahas bersama. 

Turut hadir dalam acara musrembang desa Sekcam Tano Tombangan Raden Saleh Siregar,  Kasi Pembangunan Ernida Simanjuntak,  Kepala Desa Lumbanratus,  Ketua BPD dan anggota, PKK Desa, Pendamping desa, Tenaga ahli Karangtaruna, Kader Posyandu, Bidan desa, tokoh masyarakat,tokoh agama,  LPMD dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI) 






  
Komentar Anda

Terkini: