Lepas Kafilah MTQN Tapsel ke Medan, Bupati Dolly Pasaribu : Tanamkan Mental Juara di Hati Kalian

/ Minggu, 20 Maret 2022 / 06.56.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM, melepas Kafilah MTQN Kabupaten Tapanuli Selatan untuk bertanding di MTQN ke-38 Tingkat Provinsi Sumut tahun 2022 di Kota Medan. pelepasan kafilah, pelatih dan official digelar di Aula Beringin, eks. Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga No.74 Padang Sidempuan, Sabtu (19/3) sore.



Sebelum melepas kafilah yang akan berangkat ke Medan, Bupati mengatakan, bahwa adik-adik dan anak-anak kami hadir disini dengan suatu sebab, sebab utamanya adalah karena kehendak Allah SWT, saya yakin peserta ini adalah juara-juara yang terpilih dan terseleksi kemarin di MTQN Ke-54 Tingkat Kabupaten Tapsel, kata Dolly Pasaribu.


Ditambahkan Bupati, dari peserta kemarin ada 645 kafilah dari 15 kecamatan se-Tapsel, sementara yang terpilih dan terseleksi untuk utusan Kabupaten Tapsel berjumlah 43 orang kafilah, Insya Allah peserta inilah yang terbaik, yang akan kita lepas dan berangkatkan ke MTQN Tingkat Provinsi Sumut, berarti 43 orang kafilah ini harus memiliki mental juara, diantara 645 orang yang bertanding kemarin.


"Inilah peserta yang terbaik sesuai dengan penilaian dewan hakim atau juri, dan sikap kemenangan dan mental juara itu, bawalah ke Medan, tanamkan dihati kalian, bahwa Allah SWT telah memilih kalian untuk tampil yang terbaik, pada saat membacakan kalam Allah SWT," ungkapnya.


Jagalah sikap, adab selama perlombaan di MTQN ke-38 Tingkat Provinsi Sumut di Medan, jaga nama baik Kabupaten Tapanuli Selatan sampai kembalinya ke Tapsel. Saya minta kepada anak-anak kami peserta MTQN harus menghormati, baik itu ke dewan juri, sesama rekan peserta, para qori dan lainnya. "Tujuan utama kalian adalah untuk mensyiarkan quran di bumi Sumatera Utara, selain niat tampil yang terbaik, niatkan juga tampil sebagai jalan beribadah kepada Allah SWT."


Disamping itu, saya sampaikan kepada para kafilah, bahwa kita masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan mungkin ada yang sakit, apalagi pesertanya lebih banyak di tingkat provinsi, ada 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, kita tidak tahu tingkat kesehatan peserta, untuk itu masing-masing peserta untuk menjaga kesehatan pribadi, jangan sampai sakit, dan selalu disiplin dalam mempergunakan waktu dan pola makan, dengarkan nasehat official dan patuhi peraturan panitia, saling menasehati karena kalian adalah satu tim.


Selanjutnya besar harapan kami, semoga adik-adik kami, para kafilah yang mewakili Tapanuli Selatan mendapat juara, kalah dan menang biasa, yang penting hasil latihan kita selama ini, kita perjuangkan untuk meraih kemenangan, dan meraih yang terbaik, intinya selain kita bertanding kita juga beribadah kepada Allah SWT.


Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, semoga perjalanan ini mendapatkan ridho Allah SWT, karena kita semua berniat untuk membawa nama baik Kabupaten Tapsel, saya yakin peserta yang berangkat ini, Insya Allah akan membawa harum nama Kabupaten Tapsel, jaga kesehatan mulai berangkat dari Tapsel sampai ke Medan begitu juga sesampainya di Tapsel.


Apabila nantinya kafilah-kafilah dari Tapsel banyak mendapatkan nominasi dan juara dari berbagai kategori yang dipertandingkan, tentu akan membawa nama harum Tapanuli Selatan, dan tentu nama Tapsel akan dikenal lebih luas, bahkan daerah lain akan mencari sekolah-sekolah berbasis sekolah agama atau pesantren dan sekolah hafiz di Tapsel. Sehingga peserta dari Tapsel menjadi panutan dari daerah yang lain, pungkasnya.


Sebelumnya Kabag Kesejahteraan Rakyat Cos Riady Siregar dalam laporannya menjelaskan, dasar pelaksanaan MTQN ini mengacu pada surat LPTQ Provinsi Sumut No 72/LPTQ/II/2022 tanggal 17 Februari 2022 tentang perubahan tempat pelaksanaan MTQN Ke-38 Provinsi Sumut tahun 2022. Dimana sebelumnya pelaksanaan MTQN akan dilaksanakan di Kabupaten Labura namun melalui surat perubahan LPTQ ini maka pelaksanaan MTQN dilaksanakan di Kota Medan yang akan di gelar mulai tanggal 20 sampai 28 Maret 2022, jelasnya.


"Adapun peserta yang akan mengikuti MTQN ini ada 65 orang yang terdiri dari kafilah 43 orang, pelatih 9 orang, official 7 orang, driver 4 orang dan seluruh rombangan akan menginap di mess Pemkab Tapsel. Sedangkan cabang yang akan diikuti ada 7 cabang yakni cabang mujawwad, hifzil qur'an, syarhil qur'an, fahmil qur'an, khattil qur'an, tafsir qur'an dan tartil qur'an."


Kami mohon doanya, supaya kami selamat dalam perjalanan, baik keberangkatan dari Tapsel begitu juga sekembalinya dari Medan, terkhusus kepada qori dan qoriah kita, supaya diberikan Allah SWT, kesehatan, hidayah dan rahmat, sehingga dapat melaksanakan ataupun mengikuti tugas yang telah diberikan kepada adik-adik kita ini, sehingga nantinya sebagaimana harapan kita bersama dapat memperoleh hasil yang terbaik dan juara sebagaimana yang kita harapkan, ujarnya


Tampak hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesra Hamdan Zen, Kakan Kemenag Tapsel Ihwan Nasution, para kafilah, pelatih, official dan orangtua kafilah. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: