DLH Labuhanbatu Seser Sampah Liar Perkotaan

/ Rabu, 13 April 2022 / 22.57.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - Wujudkan lingkungan bersih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu gencarkan pembersihan sampah - sampah liar yang berada di beberapa titik di kota Rantauprapat, dan saat ini menjadi perhatian rutin Pemerintah Kabupaten.

Hari ini (semalam), Selasa (13/4/22), Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu Syabela Rusli Siregar didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 langsung terjun ke seputaran Kelurahan Perlayuan Kecamatan Rantau Utara dengan alat berat dan 3 unit truk sampah, untuk menyisir dan mengangkut sampah - sampah yang berada di lokasi tersebut.

"Bukan hari ini saja, kemarin juga kita menyisir di Jalan Baru Adam Malik By Pass dan beberapa titik yang memang menjadi perhatian kami,"ujar Rusli.

Rusli juga menyatakan, baru hitungan satu minggu menjabat, dia memfokuskan diri pada penyelesaian persampahan di kota Rantauprapat.

"Saya fokus ke pengelolaan sampah di seputaran kota Rantauprapat di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan. Untuk di daerah Kecamatan memiliki desa, kita akan susun mekanismenya nanti. Saat ini, sudah ada yang kita berangkatkan truk sampah ke Sei Berombang untuk menangani sampah disana,"jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu mengalami penyusutan kinerja. Sehingga, banyaknya keluhan masyarakat terkait dengan sampah.

"Kemungkinan disebabkan covid. Anggaran - anggaran terecofusing dengan persentase yang cukup besar dibanding dengan kerja yang akan dilakukan. Namun saat ini, mudah - mudahan saja kita bisa manfaatkan dengan baik, dan yang sangat penting peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungannya masing - masing sangat diperlukan,"ucapnya.

Dalam penegakan peraturan daerah (Perda) No.8 Tahun 2017, Rusli akan melakukan sosialisasi kembali kepada masyarakat. "Kita sosialisasikan kembali perda tersebut. Sebab, penyampaian kepada masyarakat harus secara perlahan dan benar - benar tersampaikan,"katanya. (PS/Meso/Red).



Komentar Anda

Terkini: