Kades Siuhom Kec. Angkola Barat Paparkan Rahasia Sukses Pengelolaan Dana Desa

/ Kamis, 21 April 2022 / 20.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL-Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat merupakan salah satu desa di Kecamatan Angkola Barat  Kabupaten Tapanuli Selatan  Provinsi Sumatera Utara   Wilayahnya mayoritas petani

salak dan udara  yang sejuk  dan terbagi menjadi 4  dusun. Posisinya cukup strategis, hanya berjarak  1 kilometer dari ibukota kecamatan dan empat puluh   kilometer dari ibukota Tapanuli Selatan.

Demikian disampaikan Kepala Desa Siuhom Amantua Simamora kepada poskotasumatera.com belum lama ini dalam paparannya atas suksesnya penyelenggaran dana desa.

Disampaikan, untuk tahun 2022 , biaya penyelenggaraan  pemerintahan sebesar 3 sebesar Rp 388.032.222,  bidang pelaksanaan pembangunan desa  sebesar  Rp 151.391.520, pembinaan kemasyarakatan  sebesar Rp 96.586.000, dan pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 214.028.000. Total belanja desa Rp 1.210.038.542.

Pemanfaatan pembangunan desa dilaksanakan sesuai hasil musyawarah Desa, " beber Kepala Desa Siuhom Kec. Angkola Barat. 

Kegiatan-kegiatan di atas akan  dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) yang bertanggung jawab atas bidangnya masing-masing. Kerja sama dan koordinasi menjadi kunci berjalannya setiap kegiatan yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

Untuk mempermudah pelaksanaan Penganggaran, Penatausahaan dan Pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2022, Pemerintah Desa Siuhom menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Guna mencapai tujuan transparansi, Pemerintah Desa sudah menerapkan pemuatan APBDes pada papan Papan Pengumuman Desa. Keterbukaan yang telah diaplikasikan  Pemerinyah desa tahun 2022 ini membuat masyarakat luas dapat melihat kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Harapannya, masyarakat tak lagi bertanya-tanya, ke mana penggunaan dana desa yang diperoleh oleh Desa Siuhom,  Masyarakat juga sekaligus bisa memantau pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dicantumkan dalam APBDesa, termasuk Penggunaan anggaran yang dibiayai oleh dana desa.

Atas dasar hal inilah, maka Desa Siuhom menekankan pada transparansi dalam pengelolaan Dana Desa. Penekanan transparansi ini diwujudkan dengan pemasangan pengumuman yang memuat rincian-rincian tertentu dalam APBDes, termasuk Dana Desa yang didapatkan.

Tak ketinggalan, pengelola yang profesional dalam hal ini perangkat desa yang berintegritas tinggi juga mutlak perlu. Desa Siuhom kec Angkola Barat membentuk Tim Pengelola Kegiatan untuk masing-masing bidang sehingga manajemen tiap-tiap bidang dapat berjalan dengan fokus.

 Salah satu bukti keberhasilan sistem ini adalah tahun sebelumnya volume pembangunan yang melampaui RAB, sehingga nilai gunanya juga meningkat. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: