Kapolres Langkat Intruksikan Jajaran Amankan Idul Fitri 1443 H

/ Senin, 18 April 2022 / 01.50.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-STABAT-Menindaklanjuti intruksi Kapolda Sumut, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK menyampaikan, ke jajarannya untuk mengatensi pengamanan Idul Fitri 1443 H dan mengawasi penularan Covid 19. 

Terkait jalan rusak yang menjadi jalur mudik di Langkat Kapolres Langkat menghimbau, Kasat Lantas agar melakukan koordinasi dengan pihak Pemda terkait jalan-jalan yang rusak dan menjadi rawan terjadinya kemacetan. 

"Selain memantau jalan rusak, para personil agar membuat pos pantau di jembatan Wampu sebagai monitoring situasi arus lalu lintas yang rawan terjadi kemacetan," kata AKBP Danu Pamungkas Totok, Minggu (17/4/2022).

Perwira melati tiga ini mengharapkan, para Bhabinkamtibmas mulai sekarang agar mensosialisasikan untuk penerapan prokes serta kepada yang mau mudik agar melaksanakan vaksin. 

AKBP Danu Pamungkas Totok juga membahas terkait Pilkades serentak di Kabupaten Langkat.

"Walau masih lama, Pilkades serentak akan terasa cepat, karena saat ini antara calon Kepala Desa sudah bersaing mencari suara. Yang tau kondisi di lapangan adalah para Kapolsek, untuk itu jangan ditutup-tutupi supaya tidak terjadi riak-riak apalagi diantara calon adalah dari OKP tertentu," tegasnya. 

Diintruksikannya, para Kapolsek agar melakukan pemetaan dari masing-masing calon Kades.  

"Apabila ada seorang kades/ masyarakat yang akan melaporkan seoranga calon kades, agar dilakukan pengecekan terlebih dahulu, gelar rapat dengan Reskirm dan SPKT," katanya.

Polres Langkat, lanjutnya, akan membuat Pos Pam, Pos Yan dan Pos Urai pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2022.

Kapolda Sumut Arahan Jelang Idul Fitri

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak M. Si menyampaikan arahan memasuki pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kita harus evaluasi terkait penanganan COVID-19 di Sumatera Utara," katanya saat zoom meeting dengan jajaran Polres se Sumatera Utara, Minggu (17/4/2022).

Panca menyampaikan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan sekalian yang sudah bekerja dalam menangani kasus COVID-19 hingga saat ini di Sumut sudah terjadi penurunan kasus.

Saat ini hanya ada dua kasus konfirmasi COVID-19 di wilayah Sumut.

"Ini semua tidak terjadi begitu saja, namun karena usaha kita dalam mempercepat vaksinasi, dengan izin Tuhan kita berhasil menurunkan kasus," katanya.

Dijelaskan Panca, dari 33 Kabupaten dan kota di wilayah Sumut, ini bukan capaian yang mudah. Perkembangan hasil vaksinasi update 16 April 2022 di Sumatera Utara untuk vaksin satu : 94.07 persen, vaksin dua  78.06 persen, vaksin tiga 12.48 persen.

"Total capaian vaksinasi lansia Provinsi  Sumatera Utara dosis satu 892.172 Orang atau 81.59 persen, sementara total capaian vaksinasi lansia Sumatera Utara dosis dua 741.120 Orang atau 67.78 persen," jelasnya.

Irjen RZ Panca mengintruksikan, Kapolres setelah zoom agar melaksanakan rapat koordinasi di wilayah masing-masing terkait kesiapan pengamanan Idul Fitri.

"Menjelang perayaan Idul Fitri para Kapolres harus sudah memetakan potensi kerawanan di wilayah masing-masing," perintahnya.

"Keluarga dan saudara kita yang beragama Islam akan melaksanakan Idul Fitri setelah dua tahun tidak melaksanakan mudik, untuk itu harus kita antisipasi dan tata dengan baik," ujarnya. 

Banyak kondisi jalan, lanjutnya, yang masih berlobang yang akan menimbulkan kepadatan serta menjadikan kemacetan. Untuk itu para Kapolres dan Kabag Ops petakan potensi gangguan jalan agar tercipta kelancaran pada saat pelaksanaan mudik. 

"Semua potensi gangguan jalur agar dirapikan, koordinasikan dengan pihak terkait," harapnya. (PS/ALOEL/ SUYONO)



Komentar Anda

Terkini: