Pengurus PPI Audensi dengan Ketua DPRD Sumut, Bahas Soal Kebangsaan Untuk Generasi Muda

/ Rabu, 06 April 2022 / 14.34.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menerima audiensi Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sumatera Utara di ruangan kerjanya, Selasa (5/4/2022).

Dalam kunjungan ini, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PPI Sumut) Mayor Hendra Rizky Nasution, ST didampingi Wakil Ketuanya Ipda. Richy Ricardo Sembiring, SH, MH dan perwakilan pengurus provinsi lainnya disambut baik oleh Ketua DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting, dan  banyak membahas soal kebangsaan, dan cinta tanah air.

Adapun duduk disebelah kanan baju batik coklat Ketua Purna Paskibraka Provinsi Sumatera Utara Mayor Hendra Rizky Nasution ST, didampingi baju kemeja merah wakil ketuanya Ipda Richy Ricardo Sembiring SH MH.

Baskami dalam kesempatan itu juga menceritakan, tatkala Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Sukarnoputri menerima penghargaan 'lifetime achievement' Award Bhakti Teratai Putra Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia, 2018 lalu.

"Bagaimanapun, Paskibraka ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Ibu Ketua Umum kami. Beliau (Megawati) merupakan anggota pasukan pengibar bendera tahun 1964," katanya.

Politisi senior PDI Perjuangan itu, mendorong Purna Paskibraka Indonesia Sumatera Utara untuk terus berkiprah di ranah sosial.

"Khususnya untuk menularkan semangat kebangsaan, cinta tanah air bagi para generasi muda kita," imbuhnya.

Sementara Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PPI Sumut) Mayor Hendra Rizky Nasution, ST didampingi Wakil Ketuanya Ipda. Richy Ricardo Sembiring, SH, MH,  mengemukakan, sebagai seorang purna paskibra, maka memiliki kewajiban terkait menularkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

"Kita harus segera melakukan upaya agar dekadensi moral di generasi muda ini tidak terjadi, salah satunya dengan semangat cinta tanah air," jelasnya.

Hendra mengungkapkan, pihaknya berharap Pemprov Sumut dapat mengakomodir, program PPI Sumut ke depan.

Sedangkan Wakil Ketua Purna Paskibraka Provinsi Sumatera Utara Ipda. Richy Ricardo Sembiring SH, MH yang juga sedang mengambil gelar S3 Program Doktor di Semarang menambahkan bahwa seleksi Anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) dilaksanakan mulai dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten/Kota lalu dipilih yang terbaik untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi.

Kemudian dilakukan seleksi akhir untuk mendapatkan calon anggota Paskibraka terbaik yang akan dikirim ke tingkat Nasional. Sistem seleksi dilaksanakan dengan sangat ketat dan  transparan untuk menjaring Pemuda-Pemudi terbaik yang dimiliki Setiap Daerah. 

Tim Seleksi Perekrutan Anggota Paskibraka terdiri dari unsur Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota/ Provinsi dan TNI - Polri Serta Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Kab/Kota/Provinsi/Pusat.

Adapun tujuan dari audensi ini dalam rangka memperat jalinan silaturahmi dan sharing sesion terhadap organisasi kepemudaan ini, “ujar Richy Ricardo.

Keberadaan organisasi PPI, dikukuhkan menjadi Duta Pancasila setelah mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

“PIP untuk Paskibraka merupakan amanat dan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka”, jelasnya.

 “PPI Sumut mempunyai program kerja yang harus diselesaikan, sehingga perlu adanya dukungan dari legislatif maupun eksekutif”. Papar Richy Ricardo bersama pengurus lainnya beraudensi dengan Ketua DPRD Sumut.

Diakhir pertemuan Ketua DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting menyampaikan sangat mengapresiasi atas kunjungan rekan-rekan pengurus PPI Sumut. “Ini menjadi suplemen baru bagi kami, untuk membangun sinergi kebangsaan”, kata Baskami Ginting.(PS/HS)

Komentar Anda

Terkini: