Pasar Pagurawan Batubara Senilai 5,5 Miliar Belum Beroperasional, Bupati Diduga Tutup Mata

/ Selasa, 19 April 2022 / 15.45.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Sungguh ironis, Pasar Rakyat Pagurawan di Medang Deras Kab.Batubara Provinsi Sumatera Utara hingga kini belum dioperasionalkan.

DPC LSM Pembela Kemerdekaan Rakyat (PAKAR) menuding, Pasar Pagurawam yang berbiaya 5,5 miliar lebih ini mangkrak dan terkesan mubajir.

Bupati Batubara Zahir pun diduga para Aktivis LSM PAKAR ini tutup mata dalam fenomena anggaran miliaran dalam membangun yang terkesan mubajir

Ketua DPC LSM PAKAR Batubara Aditya Gultom, Senin (19/4/2022) meyebutkan, Pembangunan Mega proyek itu dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batibara dengan program pengembangan perdagangan dalam Negeri.

"Proyek ini bertujuan pengembangan sarana distribusi dan kapasitas dan logistik perdagangan. Tapi sampai saat ini belum dioperasionalkan. Padahal geliat perdagangan di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri amat melonjak," tegas Aktivis yang selalu kritis ini.

Dijelaskan Aditya, proyek megah itu menelan anggaran fantastis dengan nilai kontrak Rp.5.523.720 dengan waktu pelaksanaan 135 Hari kelender.

Kontraktor pelaksananya CV Rizky Anugrah Karya dengan anggaran bersumber dari APBN tahun anggaran 2021.

Informasi yang diperoleh LSM PAKAR dari masyarakat, Pasar Pagurawan tersebut sudah lama terlantar begitu aja tanpa ada tindaklanjut. 

Atas dugaan terlantarnya Proyek Pasar Pagurawan, Ketua DPC LSM PAKAR Batubara ini meminta, Presiden Jokowi memerintahkan Kementrian terkait untuk meninjaunya dan diharapkan KPK melakukan pengawasan dan audit dalam penggunaan anggaran pembangunan Pasar Pagurawan.

"Bapak Presiden diharapkan memerintahkan Kementrian terkait meninjau Pasar Pagurawan. KPK juga diminta turum tangan mengaudit penggunaan anggaran. Jika ditemukan pelanggaran, diharapkan dilakukan tindakan hukum," pungkas Aditya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Batubara Amat Mukhtas pada wartawan, Senin (18/4/2022) mengatakan, Pasar Pagurawan akan dibuka pasca lebaran Idul Fitri 1443 mendatang. 

"Pasar Pagurawan akan    o     :  8ui h y beroperasional habis lebaran. Berhubung tentang pembagian pasar belum terdata dengan lengkap. Untuk pengurusan  parkir  belum tuntas," ujarnya. (PS/ADITYA)

Komentar Anda

Terkini: