Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPTD BLK Tapsel Dihadiri BBPLK Medan

/ Selasa, 05 April 2022 / 22.20.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pembukaan Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK)  Tapanuli Selatan dihadiri  balai besar pelatihan kerja (BBPLK)  Medan  yang bertempat di kantor  UPTD BLK Tapanuli Selatan Kelurahan Lembah Lubuk Manik Siharangkarang Selasa (5/4-2022).


Turut hadir dalam acara pelatihan Kabid Bina Tenakerja Baktiar  Simamora, kepala UPTD BLK Tapanuli Selatan M.Hasan PH.Dalimunthe,  BBPLK  Medan Iqbal Ibrahim SE,M.Si dan rombongan, Instruktur, Peserta Pelatihan Menjahit Pakaian Dewasa,Instruktur Pelatihan Budi Daya Maggot BSF, dan instruktur Pelatihan Roti dan Kue beserta rekan rekan media. 

Iqbal Ibrahim SE, MSI dari BBPLK Medan  menyampaikan permohonan maaf kepala Balai Besar Pangembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan tidak dapat hadir di acara pembukaan pelatihan ini karena ada tugas  kantor  yang tidak bisa ditinggalkan.


Lebih lanjut disampaikannya'" 
di tahun ini ada 10 paket yang di berikan BBPLK Medan untuk BLK Tapanuli Selatan,sebelumnya  tahun 2021 hanya 5 paket pelatihan. Untuk itu kita pantas bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan," ucapnya.

Dikatakannya, " ditahun lalu kita masih memberikan bantuan uang trasport sebanyak Rp. 25.000.00/orang sementara di tahun ini uang bantuan transport dihilangkan. Kita harus bersyukur, karena kala kita hitungbdarinuang transport selama 20 hari dikali Rp 25.000 hanya Rp 500.000. Saja.

Pemerintah tidak memberikan uang tunai kepada peserta pelatihan, namun anggaran yang digunakan peserta pelatihan  itu mulai pembukaan sampai keluarnya sertifikasi  peserta  pelatihan ditanggung oleh Pemerintah. Bagi kawan kawan peserta pelatihan  yang sudah lulus berhak mendapatkan sertifikat yang  dikeluarkan oleh BNSP," ujarnya. 

Sertipikat itulah yang akan dibawa kawan kawan sekalian di medan kerja. Sertifikat itu bisa dimanfaatkan di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara," bebernya.

 Kami harapkan nanti kawan kawan serius mengikuti pelatihan ini karena nanti akan di akhiri proses sertifikasi. Jika kita lulus akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi  (BNSP)," ujar Iqbal Ibrahim.

Dengan mengharap ridho Allah SWT dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Pelatihan Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Pelatihan Pembudidayaan Maggot BSF dan Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue secara resmi saya buka.

Sebelumnya kabid Bina Ketenaga Kerja Baktiar Simamora menyampaikan selamat datang BBPLK Medan dan rombongan, Instruktur Pembudidayaan Maggot BSF yang sengaja kita undang dari medan dan Instuktur Menjahit Pakaian Wanita Dewasa dan Instruktur Roti dan Kue.

Kami harapkan kepada adek adek Peserta Pelatihan ilmu yang diperoleh disini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga dan orang lain. Kami minta kepada BBPLK Medan untuk memberikan arahan sekaligus membuka acara ini secara resmi," harap.Kabid bina Ketanagakerjaan. 


Sementara kepala UPTD BLK Tapanuli Selatan M.Hasan.PH.Dalimunthe menyampaikan bahwa pelatihan berbasis kopetensi terdiri dari 3 jurusan yaitu : 1 Pelatihan Menjahit Baju Wanita Dewasa, 2 Pelatihan Pembudidayaan Maggot,  BSF dan 3.Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue. Tempat Pelatihan UPTD BLK Tapanuli Selatan dan  materi Pelatihan yaitu :1 teori, 2 tanya jawab, 3 praktek. Peserta Pelatihan berasal dari Kecamatan yang ada di Talsel dan kota Padang Sidimpuan.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: