Pemdes Sitaratoit Kec. Angkola Barat Salurkan BLT DD, Ini Pesan Pesan Kades Isron Pasaribu

/ Kamis, 28 April 2022 / 23.33.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, langsung bergerak cepat menggelontorkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) setelah dana yang bersumber dari APBN itu, ditransfer ke kas desa.


Kepala Desa Sitaratoit Isron Pasaribu mengatakan pembagian BLT DD kepada 135  KPM telah dilakukan pada hari ini Kamis (28/4).

“Pemerintah  desa telah menyalurkan BLT DD untuk bulan Januari,Pebruari dan Maret  untuk 135 KPM. Perbulan mereka terima Rp300 ribu, artinya  3  bulan diterima dengan jumlah Rp900 ribu, “ ungkap Isron Pasaribu kepada awak media online disela sela penyaluran BLD DD. 

Isron Pasaribu  Kepala Desa Sitaratoit berharap dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat Desa Sitaratoit yang terdampak Covid-19 bisa terbantu perekonomian keluarganya.

Lanjut dijelaskannya, penyaluran BLT DD ini merupakan realisasi Peraturan Presiden nomor 104 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 Tahun 2021, yang mengatur alokasi penggunaan Dana Desa (DD) pada Tahun 2022. Dimana porsi penggunaan Dana Desa disebutkan sedikitnya 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai.

Demikian dengan adanya penyaluran BLT ini,  Kades berpesan agar masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang telah digelontorkan desa. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, kecuali ada keperluan mendesak atau karena bekerja.

“Kondisi sekarang ini kita bersama harus saling menjaga, khususnya penerapan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19,  jika masyarakat tak ada kegiatan mendesak, tak perlu keluar rumah,” pungkasnya. 

Untuk bantuan Ketahanan pangan 20 persen akan diberikan keoada warga masyarakat yang belum mendapat  bantuan dari Pemerintah," ujar Kades. 

Lebih lanjut disampaikannya Kepala Desa Sitaratoit," bahwa seluruh masyarakat Desa Sitaratoit sudah mendapat bantuan Pemerintah kecuali ASN, Pegawai Honorer dan aparat desa. 

Dikatakan Kades, " untuk tahun ini tidak ada lagi bangunan untuk fisik, bantuan Dana desa lebih banyak dimanfaatkan untuk warga masyarakat," beber Kades. 


Turut hadir dalam acara tersebut Sekcam Angkola Barat Mardin LP Said, Babinsa,    Kepala Desa  Sitaratoit,  Aparat desa,  BPD dan Keluarga penerima manfaat BLT DD.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: