Cegah Bahaya Hipertensi, SMK N 1 Angkola Timur Ikuti Sosialisasi

/ Minggu, 22 Mei 2022 / 15.40.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Cegah Bahaya hipertensi,  SMK N 1 Angkola Timur mengikuti Sosialisasi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bertempat di Aula SMK N 1 Angkola Timur  Kamis (19/5-2022).


Kepala SMK N 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis, S.Pd didampingi Wakasek Kesiswaan Husnil Siregar, S. Ag memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan melalui Puskesmas Pargarutan atas terselenggaranya acara sosialisasi Bahaya hipertensi kepada Siswa/i SMK N 1 Angkola Timur.

Kiranya acara yang positip seperti ini lebih sering dilaksankan di sekolah ini,  agar guru dan siswa/i dapat mengetahui cara pencegahan penyakit hipertensi," Harap Kasek. 

Kepala SMK N 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis melalui Wakasek kesiswaan Husnil Siregar menyampaikan pesan pesan dari nara sumber dari Dinas Kesehatan melalui puskesmas Pargarutan antara lain  bahwa hipertensi itu adalah penyakit yang  mengakibatkan kejadian fatal. Disebut pembunuh senyap karena penyakit ini bisa datang tiba-tiba tanpa menunjukkan gejala. Oleh karena itu, deteksi dini menjadi salah satu strategi penting dalam pencegahan dan penanggulangan hipertensi.

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, penyakit tidak menular seperti hipertensi dapat segera diketahui secara dini dan lebih cepat mendapatkan penanganan. Hipertensi juga dapat memicu gangguan kesehatan lain seperti gagal ginjal, stroke dan jantung koroner. Hipertensi adalah penyakit tidak menular yang sangat bisa dicegah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Yuk, ubah perilaku pola hidup agar menjadi lebih sehat dengan membatasi asupan gula, garam, lemak, berolahraga secara teratur, mengonsumsi gizi seimbang, istirahat cukup dan menghindari faktor risiko seperti merokok. Jangan lupa untuk cek tekanan darah secara rutin di rumah atau fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat mendeteksi dini adanya hipertensi," ucap Husnil Siregar.
( PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: