Tingkatkan Mutu Kerja, Disdukcapil Sediakan Layanan Keliling Dan Online

/ Kamis, 19 Mei 2022 / 20.02.00 WIB







Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo yang beralamat di Jalan Vetran. Nomor 22. Kabanjahe melayani pengurusan surat surat kependudukan melalui layanan online dan layanan keliling serta bisa datang langsung ke kantor.

Hal ini di katakan Kadis Disdukcapil Kabupaten Karo Susy Iswara Br Bangun,SE,MSi kepada wartawan Kamis (19/5).Menurutnya,bagi warga yang ingin mengurus surat surat kependudukan baik itu KTP,Kartu Keluarga (KK),Akte Kelahiran,akte perkawinan,kantu indentitas anak (KIA) dan lainya melalui layanan online dengan email dafdukkaro@gmail.com untuk pengurusan KK,KTP-EL dan surat pindah.


Untuk email pencapilkaro@gmail.com untuk pemgurusan akta kelahiran dan akta kematian serta konsolidasikaro@gmail.com untuk konsulidadi data,dan untuk mengetahui dan melihat syarat syarat yang di perlukan dalam pemgurusan surat surat kependudukan tersebut,warga bisa mengakses di www.disdukcapil.karokab.go.id.namun untuk pengirusan KTP dan KIA,warga harus datang mengambil KTP dan KIA tersebut ke kanntor disdukcapil Karo,begitujuga dengan Akta Kelahiran,warga juga harus datang ke kantor disdukcapil,tetapi untuk KK warga bisa langsung mencetaknya dari rumah masing masing.


"Dengan sistem online ini,warga yang mengurus KK bisa mencetak langsung dari rumah masing masing tanpa harus datang ke kantor disdukcapil,dan saat ini kita telah memperoses hampir 4000 berkas dari layanan online".ujar Susi Iswara Br Bangun SE.Msi.


Selain itu,kata Susy,untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,disdukcapil Karo juga melayani pelayanan keliling baik ke desa desa maupun kantor dan sekolah sekolah.sistem pelayanan keliling ini cukup sederhana,dimana ada 20 kepala keluarga (KK) yang persyartanya telah lengkap di satu desa,kantor dan sekolah,Kepala Desa maupun Kepala Sekolah cukup menyurati disdukcapil,maka tim disdukcapil akan datang ke desa maupun sekolah tersebut dan setelah selesai hasilnya juga akan di antar petugas dari disdukcapil ke desa dan sekolah tersebut.


Namun bagi warga yang datang langsung ke kantor Disdukcapil untuk mengurus surat surat kependudukan tidak bisa di wakilkan baik kepada Kepala Desa ataupun orang lain,harus yang bersangkutan langsung atau setidaknya keluarga yang masih ada di dalam satu Kartu Keluarga.hal ini di lakukan untuk tertib administrasi,dan bagi warga yang berkasnya lengkap maka surat surat akan selesai dalam dua hari kerja kecuali untuk keperluaan mendesak seperti sakit di rumah sakit yang membutuhkan surat dari disdukcapil.


"Dalam pengurusan,Warga harus datang langsung dan tidak bisa di wakilkan kepada siapapun terkecuali kepada keluarga yang namanya masuk dalam satu kartu keluarga dan jika berkasnya lengkap maka akan selesai dalam dua hari kerja tetkecuali untuk keperluan mendesak seperti sakit,dan bagi warga di Kecamatan Mardingding,Tiga Binanga dan Lau Baleng untuk pengurusan KTP bisa di kantor Camat masing masing.Ujarnya.

Untuk di ketahui Pada tahun 2021,disdukcapil Karo telah melayani pelayanan keliling dalam hal surat surat kependudukan yaitu pada bulan Maret ke Kecamatan Tigabinaga,Kecamatan Mardiding,Kecamatan Laubaleng,Kecamatan  Mardeka dan Desa Perbesi.bulan April ke Kecamatan Juhar,Kutabuluh,Kecamatan Tiganderket,Desa Dokan,KKecamatan Payung,Kecamatan  Munthe,Kecamatan  Panah.


Bulan Mei,Desa Kutambaru,Kecamatam Barusjahe,Kec Merek,bulan Juni kecamatan Namnteran,SDS Kristen Berstagi.bulan Juli Kec Daulat Rakyat,Desa Tiganderket,Desa Laukesempat,desa perbulan,desa Semangat,SDS Kristen Berstagi.bulan Agustus Desa Batu Rongkam,Kec Mardiding,desa Laugumba,desa biak nampe.bulan Sepetember desa tanjung gunung,desa lau mulgap,desa rumah berastagi,desa kemkem,rumamis,Kecamatan tiga binaga,kecamatan  kutabuluh.


Bulan Oktober Desa Kidupen,Desa Manuk Mulia,Desa Bunuraya,SD Gurubenua,Desa Cintarakyat,SD Negeri Berastagi,SMP N 2 Mardiding,SMP N 1 dan SMP N 2 Merek dan pada bulan November SMP Tigabinaga,SMP Tigapanah,SMP 1 Kutabuluh,SMP N 2 Simpang Empat dan 9 tempat lainnya serta di bulan Desember SD N Kabanjahe,SD Swasta Metodisd,SMP N 1 Kabanjahe.


Untuk Tahun 2022 yaitu SD N Btagi,SD N Tiganderket,SD N simpang mulawari,Madrasah Alkpromah B tagi,SD Kacinambun,SD N Aek Hotang,Kec Munthe,SD N Tigabinaga,Korwil Tigabinaga,SD Yosep Tigabinaga,SM N 2 Simpang Empat,SMP N 1 Kabanjahe,SMP Methodis B Tagi,SMP Xaperius K jahe,SMP N 1 B tagi dan saat ini tim dari diadukcapil karo melakukan pelayanan di Rutan Kabanjahe dan yayasan distabilitas Alpha Omega Kabanjahe. 
( PS/ BUDIMAN S)

Komentar Anda

Terkini: