Dukungan Pemkab Tapsel Hibahkan 4 Ha Lahan Untuk UIN Syahada di Sipirok

/ Minggu, 19 Juni 2022 / 15.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (Syahada) Padangsidimpuan. Mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Dukungan pemerintah terhadap UIN Syahada diwujudkan dengan menghibahkan 4 Ha lahan sebagai perluasan kampus baru.


"Terus terang, kami dari pemkab Tapsel turut bersyukur atas Peralihan UIN Syahada ini," ungkap Bupati Tapsel Dolly Pasaribu saat menerima audiensi Civitas UIN Syahada di ruang rapat Bupati, Sabtu (18/6/2022).

Sebagai wujud dukungan dari Pemkab Tapsel, pihaknya sudah membuktikan dukungannya dengan memberikan hibah tanah di perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. "Tanah hibah seluas 4 Ha yang berlokasi di Kecamatan Sipirok, sudah kita serahkan dan kita berikan semenjak masih status IAIN dulu," jelasnya.



Rektor UIN Syahada, Dr Darwis Dasopang, MAg, sebelumnya menyatakan bahwa ditandatanganinya Perpres Nomor 87 Tahun 2022 oleh Presiden RI Joko Widodo status IAIN sudah sah menjadi UIN.





Kendati demikian, Darwis mengaku bahwa peralihan status yang dicapai hari ini, itu semua tak terlepas dari dukungan Pemkab Tapsel sebagai mitra strategis UIN Syahada. Oleh karenanya pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel atas kemitraan maupun dukungannya selama ini.



"Segenap civitas akademik UIN Syahada Padangsidimpuan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel yang juga mendukung peralihan ini," katanya.



Darwis menginformasikan bahwa, peresmian peralihan status rencananya akan digelar pada 2022 ini juga, sebab diakuinya, masih ada beberapa persiapan yang harus dikejar.

"Paling lama, peresmian akan digelar tiga sampai empat bulan setelah keluarnya SK. Sekarang lagi menunggu selesai Organisasi Tata Kerja (Ortaker) dan Anggaran Dasar status UIN-nya. Nanti, Kemenag RI juga akan datang di acara peresmian itu,"katanya.



Menyahuti dukungan Pemkab Tapsel, Dr Anhar Nasution, MA, selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan UIN mengaku, pihaknya akan memanfaatkan sebaik mungkin hibah lahan tersebut.



Pihaknya berencana akan membangun Fakultas Ushuluddin Adab Humaniora, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Psikologi di lahan hibah tersebut. Namun menurutnya, ketiga Fakultas yang dimaksud masih merupakan rencana, keputusan final tergantung dari Kemenag RI.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: