Kesebelasan Al Masyur Juara Piala KASAD Di liga Santri Tahun 2022

/ Jumat, 24 Juni 2022 / 20.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM- MUARA ENIM - Tim kesebelasan pondok pesantren (Ponpes) Al Masyhur Gunung Megang, menang telak dengan skor akhir 5-0 atas kesebelasan Ponpes Al Falah Gelumbang, pada Liga Santri KASAD tahun 2022 Kodim 0404/Muara Enim, yang sudah berlangsung di Lapangan Sepakbola Sekundang Bara Komplek GOR Pancasila Muara Enim, Sumsel, Kamis (23/6/2022).

Atas kemenangan tersebut, kesebelasan Al Masyhur berhak mewakili Kabupaten Muara Enim pada laga yang sama di tingkat Provinsi Sumsel.

Pada pertandingan babak 1 dan 2 selama 70 menit dipimpin wasit Roni Setiawan. Tampak kedua kesebelasan saling jual beli serangan.

Namun kesebelasan Al Masyhur Gunung Megang yang dilatih Nur Kholik lebih trengginas dan tertata, sehingga berhasil meluluhlantakkan perlawanan kesebelasan Al Falah Gelumbang yang dilatih Andre.

Adapun penyumbang 5 gol dari tim kesebelasan Al Masyhur adalah Muhamad Arfan berhasil hatrick pada menit ke-20, 21 dan 29.

Sedangkan dua gol lainnya masing-masing disumbang oleh Kapten kesebelasan Al Masyhur Jaya pada menit ke-53 dan Yunus pada masa injury time, menit ke-72.

Dari hasil tersebut, juara pertama diduduki kesebelasan Al Masyhur, Runner Up oleh Kesebelasan Al-Falah Gelumbang, dan juara III diraih kesebelasan Assa'adah Muara Enim.

Atas juara ini, masing-masing kesebelasan mendapatkan uang pembinaan, piagam, dan trophy.

Dandim 0404/Muara Enim, Letkol Arh Rimba Anwar diwakili Pasiter, Kapten Arh Mardin mengatakan, Liga Santri tidak sekedar kompetisi sepakbola, melainkan juga sarana membangun silaturahmi antara pesantren dan komando kewilayahan, serta pemerintah daerah, sehingga akan tercipta sinergi yang kuat di wilayah masing-masing.

Liga Santri KASAD dilaksanakan di seluruh Indonesia, dan penyelenggaraan adalah masing-masing kota dan kabupaten termasuk kodim-kodim setempat. Tujuannya, yaitu memuliakan para santri melalui olahraga.

Masih kata Mardin, untuk wilayah Kodim 0404/Muara Enim diikuti 6 tim yang dilaksanakan pada 20-23 Juni 2022.Sang jawara pada kompetisi ini, akan mengikuti turnamen tingkat provinsi dan akan dibina oleh Korem 044/Garuda Dempo.

Jika tim kembali juara, maka akan mengikuti liga ke tingkat nasional, yang rencananya babak semifinal dan final akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, pada 22 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

“Mudah-mudahan hasil seleksi akan mendapatkan bibit-bibit atlet yang akan berjuang mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional dan lebih menggelorakan semangat olahraga bagi masyarakat serta meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muara Enim, Rico Parisa Aditya mengatakan, Liga Santri ini akan menjadi ajang pencarian bakat atlet sepakbola yang membidik santri-santri pondok pesantren, sehingga kompetisi ini harus dimanfaatkan sebagai ajang pembuktian para santri.

Menurutnya, tidak ada lagi halangan bagi para santri untuk meraih impian, asalkan dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh dan doa.

Poinnya adalah santri harus punya fighting spirit dan semangat juang, karena olahraga sepakbola ini bukan hanya berkompetisi, tapi lebih kepada kerja sama tim.

“Semoga event ini dapat menjadi salah satu ajang silaturahim para santri di Kabupaten Muara serta masyarakat Muara Enim dan mengeluarkan sinergi dalam membangun dan memajukan Bumi Serasan Sekundang yang kita cintai,” tutupnya(PS/EDWARD)

Komentar Anda

Terkini: