Para Wartawan Pertanyakan 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Tentang Dairi Unggul

/ Senin, 20 Juni 2022 / 14.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Para wartawan pertanyakan 3 tahun memimpin Kabupaten Dairi bagaimana tentang hasil “Dairi Unggul “.Hal itu disampaikan bebrapa wartwan kepada Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu,dalam temu ramah tamah bersama para wartawan, baik media cetak atau media online, Jumat (17/06/22) di aula Yayasan Perkumpulan Sada Ahmo (Pesada), Jalan 45 Sidikalang.

Acara dihadiri Bupati Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Dairi, Aryanto Tinambunan, Kepala Bidang Sumber Daya Komunikasi Publik dan Akses Informasi Kominfo Dairi Judit Napitu dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Iswan Togatorop.

Disela waktu sebelum berangkat ke luar kota, Bupati menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah jurnalis. Bupati memberikan kesempatan kepada awak media Dairi ini untuk mengajukan beberapa pertanyaan seperti : Koting Tumangger,Sm.PAK dari Poskotasumatera.com. Edison Malau dari Harian (SIB),Nurlia Capah,Panjaitan,Harapenta Ginting,Kartolo Munthe dari Harian Waspada,Julius Manurun srta para wartawan lainnya.

Dalam pertanyaan wartawan dalam pertemuan tersebut disampaikan tentang sejauh mana perhatian Pemkab Dairi tentang hubungan baik dengan para awak media yang bertugas di Kabupaten Dairi,termasuk para kinerja para pimpinan OPD Jajaran Pemkab Dairi yang sulit ditemui ketika mau ingin konfirmasi agar pemberitaan itu berimbang ,apa yang ditemui wartawan dilapangan.

Namun para OPD tersebut selalu banyak alasan untuk ditemui ,dan kadang kali sering dengan alasan berdalih lagi rapat dikantor Bupati,dan kalaupun  bertemu dikantornya,ketika ditanyakan hal sesuatu tersebut yang ada temuan dilapangan dan meminta data tentang kebenarannya,dan itulah sering disampaikan OPD tersebut adalah rahasia Negara.

Tentu hal seperti ini menjadi perhatian Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu,kiranya OPD dapat membedakan mana rahasia Negara dan mana yang layak untuk dipublikasikan kepada public,sehingga masyarakat tau sampai dimana kinerja para kinerja jajaran Pemkab Dairi itu,apalagi kinerja para awak media mencari informasi dari masyarakat sampai kelapangan,dan  ketika masyarakat tidak melihat muncul dipublik,tentu masyarakat akan berkuran kepercayaanya kepada media itu sendiri,

Menanggapi hal pertanyaan wartawan tersebut, secara gamblang Bupati menjawab bahwa tidak ada satu calon pemimpin pun yang tidak menginginkan kemajuan pada masa kampanye. Semua mencita-citakan hal baik, namun tentunya tidak dapat dicapai dengan mudah, terlebih karena wabah Pandemi Covid-19 diawal pemerintahan.

“Semua bercita-cita ingin maju, unggul itu juga adalah cita-cita sebagaimana juga pesan orangtua kami untuk membangun kampung halaman. Saya berusaha, tapi gak bisa seketika,” kata Bupati menegaskan.

Selanjutnya, Bupati menambahkan bahwa kehadiran media sebagai penyedia informasi harus menjadi mitra kerja bagi pemerintah sekaligus menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah.

“Saya menginginkan pemkab dan media menjadi mitra yang dapat membantu kerja-kerja yang sudah kami lakukan selama ini juga sebagai tolok ukur bagi pemerintah atas pencapaian yang sudah diperoleh atau yang belum kami capai,” kata Bupati menambahkan.

Lebih jauh Bupati menjelaskan bahwa, pasca pandemi Covid-19 terdapat kompleksitas tantangan di berbagai bidang, sehingga bupati juga menginginkan Pemerintah dan media secara bersama-sama mengelola kompleksitas tersebut

“Semoga lewat pertemuan non formal ini, apa yang menjadi buah pikiran kita akan lebih tertular guna membangun kabupaten kita ini, termasuk mengelola kompleksitas yang ada secara bersama-sama,” ucap Bupati mengakhiri.

Sebelum meninggalkan tempat dan bertolak ke Jakarta, Bupati juga menyempatkan diri berswafoto bersama para awak media. Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama.(PS/K.TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: