Pembagian Rapot Kenaikan Kelas Di SMA N 1 Arse Dirangkai Pemberian Hadiah Siswa/i Berperestasi

/ Minggu, 26 Juni 2022 / 13.50.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Raport adalah suatu bentuk Penyampaian Informasi, Keterangan, Pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban secara tertulis berbentuk Nilai yang mencakup Kompetensi dan keterampilan Peserta Didik selama satu Semester yang tertuang dalam Buku Khusus atau raport, serta terdapat Nilai atau Angka yang menjadi acuan Siswa dalam menilai kembali pencapaian Proses Belajarnya selama satu Semester.



Pelaksanaan Pembagian Raport di SMA N 1 Arse  yang terletak di Desa Aek Haminjon Kec. Arse , Sabtu (29/6/2019) dirangkai Pemberian Hadiah bagi Siswa/i berperetasi.


Dalam sambutanya, Awak Sakti Harahap, S. Pd selaku Kepala SMA N 1 Arse dihadapan siswa/i dan orangtua siswa , Sabtu (25/6/2022) , mengatakan,  ada banyak hal yang Bapak saya sampaikan pada  anak anak kami,  kepada anak kami yang sudah berhasil juara agar tidak sombong,  karena kalau sudah  sombong pertanda sudah mulai malas belajar. 

Kepada anak kami yang sudah meraih juara agar dipertahankan. Dan yang belum meraih prestasi atau juara tolong pikirkan agar terus belajar. Tanamkan pada diri ananda kalau dia bisa juara kenapa aku tidak bisa juara," harap Kasek. 

Kepada para Orang Tua/Wali Murid diharapkan untuk selalu membimbing dan mensupport Anak untuk giat belajar, karena selain Guru, peran Orang Tua sangatlah penting dalam meningkatkan prestasi Anak, karena waktu dirumah lebih banyak dari pada di Sekolah. 

Kasek juga menyampaikan, bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai bentuk motivasi kepada Anak - Anak untuk lebih giat belajar. Dan kepada Anak -Anak yang berhasil meraih Juara diucapkan selamat.  


Dan bagi anak kami yang belum juara,  agar belajar bersungguh - sungguh supaya bisa menjadi juara. Kepada Anak yang Juara agar terus mempertahankannya," harap Kasek. 


Kita sudah melepas siswa/i kelas XII sebanyak 127 orang, alhamdulillah  banyak sudah diterima melalui jalur SNMPTN diberbagai Perguruan tinggi Negeri," ucap Kasek. 

Kepada orang tua Siswa/i  Kepala SMA N 1 Arse , " mengharapkan selama liburan ini agar anak anak kita terus dipantau dan kita arahkan kemana tujuannya kedepannya.

Mulai sekarang saya minta kepada orangtua siswa/i, coba diskusikan dengan anak kita mau keperguruan tinggi yang mana, itu harus kita pikirkan," beber Kepala Sekolah. 

SMA N 1 Arse sudah menammatkan kelas 12 sebanyak 127 orang. Kita harapkan yang   semestinya harus diganti dengan jumlah yang sama, dan kalau bisa boleh bertambah . Oleh karena itu kepada anak anak kami  dan orang tua siswa/i  kami sampaikan bahwa  masih ada peluang mendafar peserta didik baru. Silahkan daftarkan ke Sekolah kita," harap Awal Sakti Harahap. 


Bila ada muncul dipermukaan yang menjelek jelekkan sekolah kita ini  jangan diterima, Karen oknum provokator yang menjelek jelekkan sekolah SMA N 1 Arse kemana mana. Itulah tantangan yang harus kita hadapi bersama," harap Kasek yang berpindidikan Stara dua ini. 


Baik buruknya sekolah kita ini ada ditangan kita bersama.  Jadi jika ada kekurangan dan kejanggalan di sekolah ini mari kita jaga bersama," beber Kasek.  

Seterusnya untuk menghadapi tahun ajaran baru  sesuai hasil diskusi dengan komite sekolah,  sudah kita program untuk siswa siswi yang absennya berpuluh puluh yaitu ada yang 20 hari dan 40 hari, siap siap lah kamu yang alpa untuk membawa pasir,batubata,batu air dari sungai. Kami tidak butuh yang kamu bawa tapi hanya memberi beban kepada peserta didik setidaknya dengan membawa pasir kamu malu,bawa batu sebesar kepalamu kamu malu hanya karena ulahmu," Pungkas Kasek dengan bersemangat.


Untuk tahun ajaran baru 2022/2023 ini, kita masih kekurangan peserta didik baru,  saat ini peserta didik baru yang mendaftar sebantak 84 orang,  Jika sekokah kita kekurangan peserta didik baru, yang jadi  korban guru karena berkurang ruangan belajar mengajar, dan tentu jam berkurang.Sehingga guru yang sertifikasi terancam tidak tercapai.  Untuk itu mari kita lawan bersama provokator, karena hal ini yang merusak citra sekolah kita ini di halayak ramai," keluh Kasek. 

Setahu orang tua dari rumah kamu berangkat tahu tahu tidak sampai kesekolah, begitu maksud kami ujar kepala sekolah dihadapan orangtua siswa/i.

Bukan hanya kepada peserta didik,  untuk guru yang terlambat dan tidak hadir  juga berlaku. Untuk tahun ajaran baru ini guru yang terlambat dan tidak hadir akan  ada sanksinya, " pungkas Kasek. 

Bila ada guru  seperempat jam tidak hadir,  kita anggap alpa.  Bukan hanya siswa yang diberi sanksi guru pun diberi sanksi supaya adil, " pungkas Awal Sakti. 


Kepada anak anak kami apabila ada kelas kalian yang kosong agar disampaikan melalui komite sekolah. Dan untuk tahun ajaran baru ini komite sekolah akan masuk tiap hari. Dan kami minta tolong kepada komite sekolah agar tiap hari masuk dengan cara bergantan untuk mengawas guru kita. Sekolah kita mempunyai komite sekolah  sebanyak 3 orang.  Komite sekolah ini  berganti mengawas guru yang alpa," ujar Kasek. 

Masing masing kita harus instropeksi diri, sampai kapan ada peningkatan pendidilan disekolah ini. Pihak sekolah akan membuat  terobosan  baru. Untuk itu 
anak anak kami semua agar dipedomani apa yang bapak sampaikan ini," ujarnya. 


Seterusnya untuk memperketat ruang gerak anak yang bolos selama pembelajaran berlangsung,  Rencana sekolah untuk tahun ajaran baru ini, akan membangun pagar sekolah yang bersumber dari alokasi  dana bos tahun 2022," pungkas Kepala Sekolah.

Terakhir Kepala Sekolah menyampikan, " sesuai kalender pendidikan yang dilayangkan oleh dinas pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Kita libur mulai Senin 27 Juni  sampai tanggal 11 juli tahun 2022. 

Untuk itu saya menghimbau kepada semua peserta didik pergunakanlah waktumu selama libur untuk membantu orang tua dan jangan susahkan pikiran orang tua artinya diharapkan kepada orang tua agar anak anak kita dirumah didik keras.

Sebelumnya Ketua Komite Sekolah Taufik Ritonga menyampaikan pesan pesan Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang yang juga putra Kecamatan Arse antara lain  mengharapkan agar Komite Sekolah mempunyai terobosan dan inovasi untuk menumbuhkembangkan SDM anak-anak didik.

Ketua DPRD Tapsel  meminta, Jangan ada jarak diantara komite sekolah dengan guru maupun kepala sekolah, kita harus persiapkan anak-anak dengan ilmu, SDM yang baik dan unggul, selaku putra daerah saya tidak mau dimasa depan generasi putra Arse menjadi orang yang tidak siap pakai," harapnya. 

Terakhir Komite Sekolah Taufik Ritonga menyampaikan saya selaku Wakil Orangtua menyampaikan kepada orangtua bahwa bila anak kita tidak hadir tanpa alasan maka akan disuruh mengangkat batu,  pasir dan batu bata.  Hal ini dibuat untuk membuat efek jera kepada anak anak kita. 

 Marilah kita bina anak kita ini agar menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri,  keluarga dan bangsa Indonesia ini, "harapnya. (PS/BERMAWI).



Komentar Anda

Terkini: