Tim Percepatan Realisasi Pembangunan Food Estate Kunjungi Bappenas Dan Kementerian PUPR

/ Jumat, 10 Juni 2022 / 14.03.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT - Upaya Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk mempercepat realisasi pembangunan food estate di wilayah ini terus digenjot. Food eatate sebagai salah satu program Pemerintah pusat bekerja sama dengan Daerah yang digagas oleh Presiden RI, H Joko Widodo dipandang perlu segera dilaksanakan guna membantu upaya Pemerintah mengatasi keterbatasan pangan serta membangun kemandirian pangan baik secara Nasional maupun Saerah.

Dalam rangka tujuan ini, tim percepatan pembangunan food estate yang dibentuk oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak dan lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menangani hal ini. 

Tim yang dimotori oleh Plt. Kepala Bappitbangda Pakpak Bharat, Harison F Sirumapea, AP, M.Si bersama Kepala Dinas PUTR dan Perhubungan Pakpak Bharat, Maringan Bancin, ST, MT mengunjungi kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bapenas), dan Kementerian PUPR di Jakarta. Mereka membicarakan beberapa persiapan dan teknis pelaksanaan dilapangan terkait program food estate ini.

Dikantor Bapenas beberapa hari yang lalu tim ini diterima oleh Firman Perangin-Angin, Tenaga Ahli Kepala Bapenas Bidang Integrasi Sistem Perencanaan dan Penganggaran Daerah. Firman Perangin-Angin mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk segera  bisa merealisasikan pelaksanaan program ini.

Kita sudah lakukan beberapa kajian terkait hal ini, terkait penganggaran dan perhitungan biaya yang dibutuhkan, alokasi-alokasi perioritas dan semuanya, hal ini tentunya sangat perlu dan harus kita lakukan seteliti dan sedetail mungkin untuk mencapai hasil yang optimal kelak, kita tidak mau program ini dianggap sebagai sebuah pemborosan dan berakhir dengan kegagalan, oleh karenanya kita  utuh sedikit waktu lagi, pungkas Firman Perangin-Angin dalam pertemuan ini.

Sementara itu di Kantor Kementerian PUPR tim ini diterima oleh Dwi Agus, Kasubdit Air Baku Air Tanah pada Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Dalam pertemuan ini mereka membahas beberapa infrastruktur yang akan dibangun guna mendukung program food estate ini.

Sesuai arahan dari pimpinan kita siap membantu, silahkan teman-teman dari Pakpak Bharat lengkapi data-data mengenai apa saja yang sekiranya bisa kita bantu, baik pembangunan irigasi, sarana air bersih yang pastinya akan sangat dibutuhkan disana dan sebagainya, pada prinsipnya akan kita bantu, ucap Dwi Agus dalam pertemuan ini.

Kepala Dinas PUTR dan Perhubungan Pakpak Bharat kemudian menyerahkan beberapa proposal dan data kebutuhan infrastruktur disekitar lokasi food estate.

Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana, sampai saat ini kita masih pada tahapan yang kita rencanakan, ucap Maringan Bancin usai pertemuan ini.(PS/K.TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: