Universitas Labuhanbatu MoU dengan Isparta Universitesi & Akdeniz Universitesi di Turki

/ Senin, 27 Juni 2022 / 13.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - INTERNASIONAL 
Jalin kerjasama dalam dunia pendidikan global dengan universitas ternama di Turki, Rektor Universitas Labuhanbatu (ULB), Assoc.Prof.Ade Parlaungan Nasution,S.E,M.Si,Ph.D bersama 28 Rektor Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Wilayah Sumatera Utara melakukan kunjungan akademik ke Isparta Universitesi dan Akdeniz Universitesi mulai dari tanggal 13 Juni 2022 sampai dengan tanggal 22 Juni 2022.

Kunjungan akademik tersebut difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 1 dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumatera Utara. Kegiatan ini mempunyai Agenda Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerjasama Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Rektor ULB Ade P. Nasution menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan di Turki untuk menjalin kerjasama atau kolaborasi dengan perguruan tinggi internasional dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan dosen, kegiatan akademik, seminar internasional, penelitian bersama, penerbitan bersama (joint publish).

“Dengan menjalin kerjasama internasional dengan berbagai skema seperti  mendatangkan dosen dari Turki ini akan menambah pengalaman dan memperluas cakrawala dan perubahan mindset tentang pendidikan yang Merdeka dan bisa menjadi sarana berbagi kurikulum dan tentu saja akan memperoleh pengalaman belajar di luar negeri,” tutur Ade melalui saluran teleponnya dari Ankara, Turki.

Saat di Turki, pertama Rektor ULB melakukan penandatanganan MoU dengan Akdeniz Universitesi, di Kota Antalya, yang dipimpin oleh Rektor Prof.Dr.Zienen Zkan, seorang rektor perempuan yang energi yang  membawa kampus Akdeniz ke tingkat dunia.

Rektor ULB, Assoc.Prof.Ade Parlaungan Nasution,S.E,M.Si,Ph.D, Indonesia (kiri) & Rektor Akdeniz Universitesi, Prof.Dr.Zienen Zkan, Turki (kanan)

Selanjutnya, Rektor ULB melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Isparta Turki, yang dipimpin oleh Rektor Prof.Dr.Ibrahim Diller. Tujuannya juga untuk memperkuat jaringan internasional.

Dengan terlaksananya kegiatan MoU tersebut, Rektor ULB Ade P. Nasution berharap kerjasama yang dilakukan tersebut bisa tercapainya indikator pengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang merupakan suatu keharusan yang diterapkan setiap pergurun tinggi di Indonesia.

Dalam waktu dekat ini menurut Ade, Implementasi kerjasama dengan ke 2 kampus yang ada di Turki tersebut akan mengadakan Joint untuk Seminar Internasional dan kerjasama dalam penerbitan Jurnal Internasional yang dampaknya mampu mengangkat Universitas Labuhanbatu dalam bersinergi dan berkolaborasi di tingkat internasional.

Rektor ULB, Assoc.Prof.Ade Parlaungan Nasution,S.E,M.Si,Ph.D, Indonesia (kiri) & Rektor Isparta Universitesi, Prof.Dr.Ibrahim Diller, Turki (kanan)

Setelah melakukan penandatanganan MoU, Rektor ULB berkunjung Ke Kantor Kedutaan RI untuk Turki di Ankara untuk mendiskusikan Implementasi Pelaksanaan MoU di Kampus-kampus di Negara Turki.

(PS/Messo Gulo/Red).


Komentar Anda

Terkini: