Aklamasi, Rosda Kembali Dipercaya Pimpin Srikandi Pemuda Pancasila Sumut Periode 2022 - 2027

/ Minggu, 31 Juli 2022 / 10.39.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - Simalungun, Musyawarah ke-2 Pimpinan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila Sumatera Utara berlangsung mulai tanggal 29 hingga 30 Juni 2022 di Gedung Serbaguna Harungguan Bolon Parapat Kabupaten Simalungun-Sumatera Utara berjalan lancar.


Musyawarah Wilayah (Muswil) tersebut dibuka langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional, Hj. Sari Maya SE, MSi. 


"Terlebih dahulu saya jelaskan bahwa tentang tata kelola Srikandi Pemuda Pancasila yang terstruktur dan berjenjang, agar seluruh peserta musyawarah dapat memahami aturan yang sudah ada pada anggaran dasar rumah tangga. Sehingga tidak ada lagi keraguan bagi seluruh pemilik suara untuk melaksanakan musyawarah", jelas Maya dalam sambutannya dikarenakan melihat situasi dan kondisi Muswil sebelumnya berjalan tidak normal, Minggu (30/07/2022)


Dikatakannya, Srikandi Pemuda Pancasila itu dilahirkan oleh Pemuda Pancasila, namun setelah Munas pada Tahun 2015, Srikandi Pemuda Pancasila telah Otonom dan mempunyai garis koordinasi kepada Pemuda Pancasila. Dimana setiap tingkatannya Pimpinan Pemuda Pancasila itu menjadi pembina Srikandi Pemuda Pancasila pada setiap tingkatannya.


"Apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh Ketua Srikandi, pembina dapat melaporkannya kepada pimpinan Srikandi satu tingkat diatasnya", tegas Maya


Dikarenakan ada persoalan, dengan tegas Maya menyatakan, Srikandi Sumut memiliki 25 Dewan Pimpinan Cabang yang terbentuk dan telah memiliki Surat Keputusan (SK). Namun, dikarenakan adanya tekanan dan intimidasi terhadap para ketua-ketua DPC akhirnya banyak yang tidak hadir, disebabkan takut untuk hadir di acara Muswil ini.


"Padahal sebelumnya, 18 DPC telah menyatakan dukungannya secara tertulis kepada Rosda. Sekarang, meskipun yang hadir hanya 9 DPC harus tetap dilanjutkan", cetusnya


Dikarenakan, jelas Ketua DPN Srikandi, didalam Anggaran Dasar tercantum dalam Bab XI Pasal 22 poin 3 dan 4 Tentang Quorum yang berbunyi, apabila Quorum tidak terpenuhi, sidang atau rapat diskors selama 15 menit dan/atau persetujuan peserta.


"Dan apabila setelah diskors selama 15 menit dan/atau persetujuan peserta quorum belum terpenuhi, maka sidang atau rapat dapat dibuka tanpa memperhatikan quorum dan keputusan yang diambil sah dan mengikat", pungkas Maya.


Dengan adanya penjelasan yang disampaikan Ketua DPN Srikandi, Hj. Sari Maya SE, MSi tadi, akhirnya seluruh peserta Muswil sepakat untuk melanjutkan seluruh rangkaian acara. Dan setelah melalui pemilihan, Rosda SE terpilih kembali secara aklamasi memimpin Srikandi Pemuda Pancasila Sumatera Utara untuk periode Tahun 2022 hingga 2027. 


Diakhir, Ketua DPN Srikandi Pemuda Pancasila itu menyatakan, untuk para Ketua DPC yang membangkang dan tidak menghadiri acara Muswil yang diselenggarakan 5 tahun sekali harus diberikan sanksi. Sebab, dalam Anggaran Dasar pada Pasal 52 poin 7 disebutkan, tugas Dewan Pimpinan Cabang salah satunya menghadiri Musyawarah Nasional, Musyawarah Nasional Luar Biasa, Musyawarah Wilayah, Musyawarah Wilayah Luar Biasa dan rapat koordinasi wilayah. Dan pada Bab VI Pasal 17 Anggaran Dasar tentang sanksi dan rehabilitasi telah diatur, apabila DPC melakukan pembangkangan.


"Untuk para Ketua DPC yang tidak hadir, sudah diberi kewenangan kepada Ketua DPW Srikandi Sumut untuk memberikan sanksi tegas", ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Rosda SE selaku Ketua DPW Srikandi Pemuda Pancasila Sumatera Utara terpilih mengungkapkan akan berupaya membawa Srikandi Sumut kearah yang lebih baik lagi dan akan berperan aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial ditengah-tengah masyarakat. 


Untuk para Ketua-Ketua DPC yang tidak hadir, kata Rosda, akan mempertanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Dan apa penyebabnya mereka tidak taat kepada aturan yang berlaku.


"Apabila akibat ketidakpahaman mereka, maka saya akan terlebih dahulu memberikan pembinaan agar mereka memahami aturan yang ada di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga", kata Rosda


Dalam kesempatan ini juga, Rosda mengahturkan maaf serta kritikan yang bersifat membangun. "Dalam 6 tahun lalu, saya memimpin Srikandi Pemuda Pancasila Sumut tentunya masih ada kelemahan dan kekurangan. Namun, semua itu akan saya jadikan cerminan untuk berbenah sehingga seluruh pengurus Srikandi Pemuda Pancasila Sumut benar-benar menjadi perempuan-perempuan tangguh", pungkasnya mengakhiri


Dikesempatan itu juga, Ketua SC, Rahmijah mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh panitia yang bertugas mulai dari pembukaan pendaftaran calon Ketua DPW Srikandi Pemuda Pancasila Sumut hingga penutupan. "Terimakasih kepada seluruh panitia yang dengan sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya sehingga Muswil ke-2 ini berjalan dengan sukses dan aman", ujarnya (PS/TIM/S.Pura)

Komentar Anda

Terkini: