Gelar Lomba Perahu Naga, Target TNI AL Lanal TBA Menjadikan Potensi Bibit Atlet

/ Minggu, 17 Juli 2022 / 16.27.00 WIB

 

Foto: Para peserta lomba dayung sampan bersiap digaris start sebelum dilepas (POSKOTA/ SAUFI)


POSKOTASUMATERA-COM-TANJUNGBALAI 

Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tanjungbalai Asahan kembali menggelar lomba dayung perahu naga di sungai Asahan kawasan pantai amor Kelurahan Indra sakti Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara.

Danlanal TBA, Letkol Laut Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, usai melepas peserta lomba, Minggu (17/7/22) menyampaikan bahwa ternyata antusias baik dari peserta lomba dan masyarakat yang menyaksikan cukup padat jadi perhatian ribuan masyarakat Tanjungbalai Asahan sekitarnya.Sedikitnya 18 tim dayung berpartisipasi dari kalangan pelajar di Kota Tanjungbalai.


"Sukur hari ini setelah lebih dari 7 tahun vakum kita laksanakan lagi olahraga dayung ini, sebagaimana yang kita ketahui kearifan lokal masyarakat kota Tanjungbalai merupakan bergantung pada aktifitas maritimnya di laut, jadi TNI AL juga didorong untuk menggiatkan aktifitas olahraga yang berkaitan dengan itu, " kata Komandan Lanal TBA L, Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang.


Tingginya animo masyarakat untuk bisa menyaksikan lomba dayung perahu naga ini kata dia menjadi bukti yang positif terhadap bahwa event serupa harus terus dilakukan secara berkesinambungan. 


"Jadi energi anak-anak muda di kota Tanjungbalai ini bisa tersalurkan untuk kegiatan olahraga yang positif seperti ini. Bagi KONI melalui cabang olahraga dayungnya ini menjadi kesempatan untuk melihat potensi atlit," ucapnya.


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib S.Ag,MM menjelaskan  kegiatan dayung sampan ini sebenarnya sering diadakan di Tanjungbalai, dan terakhir dua tahun lalu hampir digelar namun gagal karena Covid-19.


"Bisa jadi kegiatan ini kita buat sebagai agenda wisata nanti akan kita laksanakan lagi di hari jadi kota Tanjungbalai. Agar anak anak muda kita ini menjadi punya saluran kegiatan positif mereka, jauh dari narkoba dan sebagainya. Antusias masyarakat juga kita lihat tinggi," kata dia.


Kegiatan dayung sampan naga ini hanya diikuti oleh pelajar di Kota Tanjungbalai sebanyak 18 tim. Satu perahu diisi oleh 12 orang. Mereka akan memacu perahu layar di trek sungai lurus sepanjang 300 meter. Perlombaan sendiri digelar mulai pukul 08:00 - 17:00 WIB. Penyelenggara menyiapkan hadiah jutaan rupiah hingga undian lucky draw kepada peserta. 

(PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: