Kenalkan Peserta Didik Baru Tentang Sekolah, SMKN 1 Angkola Timur Gelar MPLS

/ Selasa, 12 Juli 2022 / 16.53.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMK Negeri 1 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS bagi peserta didik baru.


 Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang tata tertib dan lingkungan sekolah khususnya kepada siswa baru.Termasuk visi misi sekolah.

MPLS diawali dengan upacara bendera yang dipimpin Kepala SMK Negeri 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis,S.Pd dihalaman sekolah setempat, Senin 11 Juli 2022. Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari, hingga 14 Juli 2022.

Kepala SMK Negeri 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis, S. Pd melalui Wakasek bidang kesiswaan yang juga kordonator MPLS Husnil. Siregar, S. Ag  mengatakan, dalam kegiatan ini, peserta didik baru dikenalkan dengan budaya kearifan lokal dan pemahaman karakter. Harapanya dapat menjadikan siswa yang disiplin, beriman, dan berkarakter pancasila.

‘’ MPLS merupakan rangkaian penting yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik baru saat pertama kali memasuki sekolah barunya. Banyak informasi yang diterima oleh para peserta didik baru, membantu beradaptasi dan memperhatikan aturan sekolah,’’terang Husnil.

Kepala Sekolah Aspan Marwaji Lubis S. Pd  berpesan agar para siswa bisa mengikuti kegiatan MPLS  selama berlangsung.  Dengan begitu peserta didik baru dapat beradaptasi dengan baik.

Disisi lain, Aspan Marwaji Lubis berharap kegiatan dapat menjadi sebuah kebangkitan satuan pendidikan pasca pandemi covid. Siswa diminta bisa terus bergerak dan berkolaborasi untuk mewujudkan pencapaian prestasi terbaik dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan Wakasek bidang kesiswaan Husnil Siregar Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tujuannya setelah diadakan MPLS ini siswa/i baru mengenal lingkungan sekolah termasuk didalamnya pengenalan kurikulum baik muatan nasionalnya dan kompetensi jurusannya.

 Kemudian pengenalan Dudi (Dunia industry), karena setelah siswa/i melaksanakan prakerin atau praktek lapangan mereka akan mempraktekkan ilmu yang dipelajari di sekolah saat prakerin, " ujarnya. 


 Kemudian ada pembinaan Iman dan Taqwa, harapan Kepala Sekolah Aspan Marwaji Lubis, S.Pd anak anak berkarakter, berahklak, bermoral. Makanya paginya pihak sekolah melaksanakan sholat Duha, karena itu merupakan pembelajaran iman dan taqwa," ujar Husnil Siregar

Dan selanjutnya kita harapkan kepada anak anak kami siswa/i baru untuk melaksanakan  lingkungan bersih, setiap kelas wajib bersih," Ungkap Kordinator MPLS.

Lebih lanjut disampaikannya,"  yang paling utama harus dipatuhi oleh Siswa/i baru adalah pengenalan tata tertib sekolah yaitu apa apa yang harus mereka laksanakan di sekolah sesuai aturan dan tata tertib sekolah.

Anak anak kami  harus tahu itu, bila ada pelanggaran yang diperbuat siswa/i ada poinnya. Jika pelanggarannya berjumlah 100 Point maka berlakulah surat panggiln ketiga," ungkap Husnil Siregar. 

Terakhir beliau mengatakan bahwa  Tujuannya MPLS ini agar anak anak kita terdidik dalam arti disiplin tahu apa tujuan mereka ke sekolah ini," ungkapnya. 

Sementara Wakasek Kurikulum Mahmudin Harahap S. Pd menyampaikan visi misi SMK N 1 Angkola Timur. Dan seterusnya beliau menyampaikan  Yang perlu dipelajari siswa/i di Sekolah ini nanti yaitu pelajaran agama, PPKN , Bahasa Indonesia itu pelajaran nasionalnya
 kemudian ada pelajaran jurusan kompetensi dasar dan kompetensi keahliannya. 

Yang harus kita capai di SMK N 1 Angkola Timur ini yaitu seperti  tehnik jurusan  sepeda motor, yang harus kamu kuasai bisa membongkar pasang sepeda motor, bukan hanya bisa bongkar, namun pasang mesin juga bisa, " harapnya. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: