Abu Manan, Anggota MPU Harus Senantiasa Menjaga Marwah Ulama

/ Rabu, 03 Agustus 2022 / 07.10.00 WIB
ABU MANAN KETUA MPU ACEH UTARA

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSUKON -  Abu Manan (Tgk H Abdul Manan) kembali terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Utara untuk masa bakti 2023-2027. Dalam sambutannya Abu Manan menyampaikan dalam kondisi apapun dan dimanapun Anggota MPU harus selalu menjaga marwah Ulama.

“Keberadaan anggota MPU harus mampu memberikan warna positif dalam semua dimensi kehidupan keumatan dan kemasyarakatan,” tegas  Abu Manan kepada Poskota 2 Agustus 2023 di Hotel Lido Graha Lhokseumawe.

Abu Manan melanjutkan sesuai dengan tema yang di usung MPU Aceh Utara yaitu sinergitas Ulama dengan Umara untuk membangun Aceh Utara dalam ruang lingkup Syariat Islam secara kaffah.

Untuk menjadi perhatian kita semua anggota MPU Aceh Utara  harus bisa menjadi panutan masyarakat dalam setiap pergerakan dan tingkah laku. Dan tidak pernah berhenti dalam menjaga marwah Keulamaan. Karena dengan adanya marwah, adab, dan etika nilai keulamaan akan semakin terang di mata umara dan masyarakat.

Tidak hanya itu, Abu Manan juga meminta kepada anggota MPU Aceh Utara agar terus menggelorakan nilai nilai Syariat Islam di tengah masyarakat. " mari kita bersama mengajak kepada yang makruf, dan meninggalkan yang munkar", sebutnya.

Sementara itu Ketua Panitia Musda MPU Aceh Utara, Fuad Muzakir mengatakan Ulama yang akrab disapa Abu Manan Blang Jruen oleh masyarakat itu terpilih dalam Musyawarah Daerah (MUSDA) yang berlangsung di Hotel Lido Graha, pada Selasa, 2 Agustus 2022 atau bertepatan dengan 4 Muharram 1444 Hijriah.

Abu Manan terpilih dalam Sidang Paripurna Khusus melalui musyawarah mufakat. Musyawarah itu berlangsung dalam waktu yang tergolong cepat, hanya membutuhkan waktu 3,27 menit.

Muzakkir Fuad menyampaikan bahwa kegiatan MUSDA itu diikuti oleh 65 orang peserta, dengan rincian anggota MPU Aceh Utara sebanyak 45 orang, Dewan Kehormatan Ulama (DKU) 5 orang, Tenaga Ahli MPU 5 orang, serta ulama dan cendikiawan 10 orang.

“Alhamdulillah Pimpinan MPU Aceh Utara Masa Bakti 2018-2023 kembali terpilih menjadi Pimpinan MPU Aceh Utara Masa Bakti 2023-2027 dalam Sidang Paripurna Khusus melalui musyawarah mufakat dengan waktu tercepat 3,27 menit,” kata Muzakkir.

“Tepat pukul 15.10 WIB tadi, Tgk H Abdul Manan terpilih kembali memimpin MPU Aceh Utara sebagai Ketua, Tgk H Jafar Sulaiman sebagai Wakil Ketua I dan Tgk H Syamsul Bahri SH sebagai Wakil Ketua II,” lanjut Muzakkir.

MUSDA MPU yang mengangkat tema “Momentum Sinergitas Ulama Umara Membangun Aceh Utara Yang Berbasis Syariat Islam” dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah. Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Forkopimda Aceh Utara, para Kepala SKPK, Ketua MAA Tgk H Usman, seluruh unsur MPU kecamatan, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (PS/D.AMRI)








Komentar Anda

Terkini: