Bermodal Suka Rela dan Partisipasi, Pemda Toba Turut Serta Dalam "Gerakan 10 Juta Bendera"

/ Kamis, 11 Agustus 2022 / 13.40.00 WIB

Foto : Asisten pemerintahan (tengah baju putih) bersama unsur Forkompinda saat diabadikan.

POSKOTASUMATERA.COM - TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba menggelar kegiatan "Gerakan 10 Juta Bendera" atau aksi membagi-bagi kan Bendera kepada masyarakat. Kegiatan bagi-bagi bendera tersebut dilaksanakan pada Kamis, (11/8/2022) bertempat di Bundaran pusat kota Balige, dan berlangsung hingga puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia yang ke-77. 

Bupati Poltak Sotorus, melalui Asisten bidang pemerintahan, Eston Sihotang saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan 10 juta bendera ini merupakan kegiatan nasional yang mana menurut Eston,  setiap kabupaten/kota di masing-masing provinsi ambil andil dalam aksi pembagian 10 juta bendera dimaksud, serta diwajibkan melaporkan upaya-upaya yang dilakukan.  

"Kegiatan pembagian bendera ini tidak hanya dilaksanakan di pusat kota Balige, namun juga kita laksanakan di Kecamatan-kecamatan. Dan berlanjut hingga hari H," katanya. 

Mantan Kabag Ekon itu menjelaskan, bahwa dengan pelaksanaan kegiatan gerakan 10 juta bendera ini diharapkan dapat mengingatkan kembali masyarakat luas atas rasa Nasionalisme serta membangkitkan  patriotisme, mengingat dalam waktu dekat bangsa ini akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022. 

Disinggung soal pendanaan,  Asisten Pemerintahan Kabupaten Toba ini menyebutkan bahwa merujuk Surat Mendagri No. 003/1/4397/SC diamanatkan bahwa pembiayaan  kegiatan sifat nya sukarela. Dalam hal ini Pemkab Toba mengambil langkah dengan menggalang partisipasi pihak  perbankan, perusahaan, bahkan sumbangan kerelaan pribadi maupun OPD.  

Menurutnya sumbangan kerelaan maupun partisipasi tersebut merupakan wujud keikutsertaan dalam upaya membangun rasa nasionalisme dengan pengorbanan. Sekaligus mencontoh ketauladanan para pahlawan. 

Pantauan media, kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur forkopimda dan sejumlah perangkat daerah.

(PS/Firman). 

Komentar Anda

Terkini: