Bupati Toba Meminta ASN Sosialisasikan Program Dua kali Tanam, Dua kali Panen

/ Senin, 08 Agustus 2022 / 15.12.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - TOBA - 
Bupati Toba, Poltak Sitorus meminta agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) turut bergerak mensosialisasikan program dua kali tanam dan dua kali panen kepada masyarakat petani  di daerah itu. 

Hal itu disampaikan nya dalam  bimbingan dan arahannya pada Apel Gabungan di halaman Kantor Bupati Toba, Senin (8/8/2022), yang didampingi Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak. 

Menurut Bupati Poltak Sitorus gerakan tanam dua kali dan panen dua kali  yang mana disebut dengan indeks pertanaman Pertanian (IP2) ini, bukan hanya bertumpu pada pertanaman padi saja, namun lebih kepada jenis pertanaman lain, seperti jagung, atau pemanfaatan lahan dengan membuat kolam ikan, sesuai dengan kondisi lahan masing-masing.

"Kondisi IP2 di Kabupaten Toba masih di angka 1,22 persen. Sebagai salah contoh yang bisa memotifasi ialah daerah Boyolali, Provinsi Jawa Timur yang sudah berhasil menerapkan hingga 3 kali panen. Di sana, kurangnya pasokan pupuk dapat disiasati dengan pupuk organik hasil olahan dari ribuan ternak.

"Ini bisa kita lakukan di daerah Toba, melalui ASN diharapkan dapat memberikan dorongan dan pemahaman kepada masyarakat, melalui sosialisasi yang bisa dilakukan seusai mengikuti ibadah di gereja atau bagi umat muslim di masjid," ungkapnya. 

Menurut dia, bahwa itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan menghindari terjadinya eksploitasi tanah. Selain ini, Bupati juga mengajak semua ASN agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Dimana hal itu sejalan dengan mendukung Toba sebagai salah satu kawasan pariwisata nasional.

Diakhir bimbingan dan arahan, ia juga tak lupa mengingatkan para ASN yang memiliki anak dibangku SMP, untuk senantiasa mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda. 

"Di daerah kita ada dua  sekolah unggulan yaitu SMA Unggul Del dan SMA TB Yayasan Soposurung.Tahun ini,mari kita dorong dan dukung agar target 50 kursi diperoleh putra/i Toba di kedua sekolah unggulan tersebut," katanya mengakhiri.

(PS/Firman)

Komentar Anda

Terkini: