Camat Angkola Barat Monitoring Gotong Royong Bersihkan Sampah Di Jalan Nasional

/ Sabtu, 13 Agustus 2022 / 09.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Parlindungan Pasaribu S. Sos didampingi staf rantib dan Sekdes Sigumuru monitoring pembersihan sampah  yang dilaksanakan oleh naposo nauling bulung, mahasiswa PKL Aufa  Royhan dan ibu ibu Desa Sigumuru di Desa Sigumuru Jum'at (12/7-2022).



Sebelumnya Camat Angkola Barat pada pagi hari  Jum'at memonitoring Gotongroyong di Desa Sibangkua.


Camat Angkola Barat menyampikan dasar pelaksanaan gotong royong ini adalah sebagai kegiatan rutin setiap jum'at dan juga seringnya masyarakat  luar buang sampah sembarangan di lokasi  jalan nasional desa Sigumuru.


Camat Muhammad Thohir Parlindungan Pasaribu, S. Sos  mengatakan bahwa tujuan dari gerakan gotong-royong tersebut dalam rangka kebersihan lingkungan di daerah aliran Sungai dan juga agar masyarakat luar tidak buang sampah di lokasi desa Sigumuru. 

“Saya sebagai Camat Angkola Barat terus menjalin sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat, dengan alim ulama, Tokoh adat,  tokoh pemuda, NNB dan seluruh elemen masyarakat  agar terjalin kebersamaan dan kekompakan, " ujar Camat. 


Menurut Camat, kegiatan gotong-royong tersebut bukan hanya kegiatan bersih-bersih semata. Akan tetapi, diharapkan merubah kebiasaan yang semestinya. “Bila melihat sampah akan memungutnya dan buang sampah ke tong sampah bukan membuang ke pinggir jalan nasional ini,” ujar Camat. 



Dijelaskan M. Thohir, " Sampah tersebut sering dibuang oleh masyarakat luar yang sedang melintas waktu malam hari, Pemerintah Kecamatan Telah menyarankan  kepada Kades dalam hal penegakan Perdes tentang Kebersihan Lingkungan," ujarnya. 



Di jelaskan Camat," bahwa kelokasi pembungan sampah badan jaln nasional  adalah  rawan longsor   sekitar kedalaman 30 meter sepanjang 100 meter dibutuhkan Bronjong.

Melalui budidaya gotong royong ini akan menumbuhkan  kebersamaan dan kekompakan dengan warga masyarakat dan diharapkan  sama sama menjaga lingkungan yang bersih dan sehat sesuai Visi Missi Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera," beber Camat

Terkait lokasi pembuangan sampah masyarakat luar pada malm hari, Dalam waktu dekat Pemerintah Kecamatan Angkola Barat bersama Pemerintah desa Sigumuru akan berkordinasi dengan PUPR  Kabupaten Tapanuli Selatan  untuk diusulkan Ke PU Propinsi terkait Jalan Nasional,"  pungkas Camat mengakhirinya. (PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: