Hijaukan Bumi di HUT RI ke 77, Komppas Sergai Tanam Ribuan Pohon

/ Minggu, 21 Agustus 2022 / 19.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM, SERGAI - Hijaukan Bumi dalam meriahkan Kemerdekaan RI ke-77  Komunitas Masyarakat Peduli dan Pecinta Sungai (Komppas) Sergai Gelar tanam pohon di bantaran Sungai Bahilang, Desa Pengalian dan Desa Sibulan, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai Minggu (21/08/2022) dengan tema "Cintai Lingkunganmu Dengan Menanam Pohon.

Dikegiatan itu Ketua Panitia Yohan Damanik, Sekaligus Ketua Komppas Kecamatan Tebing Syahbandar mengatakan Hari ini, Kita menanam Pohon dari berbagai jenis diantaranya Pohon Durian Musangking, Mangga Malaba, Alpokat Aligator, Pohon Afrika, dan Mahoni sebanyak 3000 batang bibit pohon, kegiatan juga dirangkai dengan perlombaan sebagai bentuk kemerdekaan dengan hiburan Panjat Pinang, perlombaan tarik tambang, pukul bantal di Sungai dan lainya."Jelasnya.

Ada 2 Desa yang dilalui oleh sungai Bahilang yakni Desa Sibulan dan Desa Penggalian, Masyarakat telah bergerak untuk menjaga lingkungan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai. Dalam hal ini kita jangan hanya bisa menanam saja sekedar seremonial belaka tetapi, setelah di tanam ya dirawat, dijaga, agar hasilnya bisa dinikmati bersama agar kedepan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga ekosistim sungai dari abrasi." ucap Camat Tebing Syahbandar Samino.

Kapolres Tebing Tinggi diwakili SPN Siregar dalam arahannya  mengatakan, Dalam kesempatan ini, terima kasih kepada Komppas Sergai yang telah berpartisipasi untuk menanam  pohon di bantaran Sungai Bahilang ini. Semoga dengan penanaman pohon ini dapat kita jaga karena Sungai Bahilang ini akses sungai yang di lalui sungai yang ada di Tebing Tinggi dari debit air saat hujan tiba, mari kita jaga kelestarian alam kita." Ucapnya singkat.

Syaifuddin,SE selaku ketua Komppas Sergai menjelaskan, Sungai Bahilang sangat rawan pada banjir yang kerap dialami setiap hujan turun, diawal tahun 2022 lalu bahkan mengalami banjir yg cukup parah dan lama akibat meluapnya sungai bahilang sehingga merendam pemukiman. Momen HUT RI ke-77 ini kita upayakan penanaman pohon di sepanjang sungai dan juga di tiap-tiap rumah tangga juga di lakukan penanaman pohon disamping buat lingkungan juga untuk memberi nilai tambah ekonomi bagi keluarga. 

Komppas mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai, khusus kepada Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan atas dukungannya, juga buat OPD yang hadir, terima kasih juga buat BPDAS HL Asahan Barumun yang ada di Pematang Siantar atas bantuan bibit-bibitnya, juga ucapan yg sama buat seluruh yang hadir dan masyarakat sekitar, titip untuk dijaga dan dirawat.

Sementara itu Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya diwakili oleh Asisten II Drs. Nasrul Azis Siregar, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) Sangat mendukung dan mengapresiasi kepada semua pihak atas pelaksanaan kegiatan ini. Dalam upaya pemulihan daerah aliran sungai (Das) kegiatan penanaman pohon ini hendaknya ditindak lanjuti dengan upaya pemeliharaan sehingga memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat. 

Saya menghimbau, kepada organisasi perangkat daerah terkait, untuk bekerja sama dengan penggiat lingkungan serta masyarakat untuk melakukan langkah-langkah seperti ini agar kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan secara berkesinambungan. "Jelas Darma Wijaya.

Lanjut Bupati, Sesuai dengan visi misi Pemkab Sergai, yaitu "Maju Terus Mandiri Sejahtera dan Religius" Penanaman pohon di Desa Sibulan, Kecamatan Tebing Syahbandar yang diselenggarakan Komunitas  Masyarakat Peduli Pecinta Sungai (Komppas) harus didukung oleh seluruh masyarakat dan harus peduli dengan lingkungan dan Instansi Pemkab Sergai, ini diharapkan dapat menjadi salah satu perwujudan dari visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Untuk itu, Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan penanaman pohon ini. Kita berharap mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sehingga apa yang menjadi harapan kita untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan berkualitas dapat terlaksana.

Momentum penanaman pohon di harapkan dapat menambah semangat untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan - lingkungan yang sangat membutuhkan dukungan dan ketertiban para  pemangku kepentingan, khususnya di tingkat lokal sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lahan tempat mereka dengan lebih baik."Harap Darma Wijaya.

Turut hadir, Asisten II Drs. Azrul Azis, Kadis lingkungan hidup Sergai Hedy Novria, Camat Tebing Syahbandar Samino, Ketua Komppas Sergai Syaifudin SE, Sekretaris Komppas Sergai, Andi Rangkuti Kabid PSDA Sergai Heru, Perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Kristina, Perwakilan Polres Tebing Tinggi SPN, Siregar, Ketua DPP SPK PKN Nasional Eladira Koto S.Sos, Ketua Komppas Kecamatan Tebing Syahbandar sekaligus Ketua Panitia Yohan Damanik, Ketua Komppas Pantai Cermin Supianto SH. Komppas Sipispis Asril Lubis.(PS/SIDDIK).

Komentar Anda

Terkini: